Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pada Fintech Syariah (Studi pada Erahn.Id)

Authors

  • Diva Syavira Permata Putri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Yayuk Sri Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i3.14725

Keywords:

digital marketing, kualitas website, kualitas iklan, kualitas sosial media, keputusan pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website, kualitas iklan dan kualitas social media sebagai digital marketing terhadap keputusan pembelian .Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan mengunakan rumus  Slovin sehingga jumlah sampel penelitian yang didapatkan sebanyak 270 sampel. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas website berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian nasabah Erahn.Id. variabel kualitas iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian nasabah Erahn.Id. kemudian variabel kualitas sosial media berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian nasabah Erahn.Id.

 

References

Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cristian Doritta, what compaineies can learn from unicron start up to overcome the covid-19 krisis (2021)

Eric M. Olson, dkk, Business Strategy and the management of digital marketing, (business Horizons, 2021)

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta. Andi.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang. Universitas Diponegoro.

Georg Hauer, Digital Transformation challenge successful enterprise-an exploration of the collab or marketing and sales (2020)

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat.

Semarang. Universitas Diponegoro.

Goyette, Isabelle. 2012. “Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Contextâ€.

Jurnal Word of Mouth. Dalam Dimensi Word of Mouth.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., and François Marticotte. 2010. e-WOM Scale: Word-of- Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences

Gurnelius, Susan. 2011. 30-minute Sosial Media Marketing. United States. McGraw-Hill Companies.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Ibnu, Widiyanto, 2008. Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang. BP Undip Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12. Jakarta. Indeks. Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 13. Jakarta. Erlangga

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Edisi

Jakarta.Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2.

Jakarta.Erlangga.

Kotler, Philip. 1998. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, (alih bahasa : Hendro Teguh, dan Ronny A. Rusli) Jilid 2, Jakarta. Prenhalindo.

Kominfo. (2016). Mengenal Generasi Millenial. diperoleh pada tanggal 17 Juni 2020 dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi- millennial/0/sorotan_media

Kotler, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, implementasi dan Kontrol, Edisi Sebelas, (alih Bahasa, Hendra Teguh). Jakarta. Prenhalindo.

Latipun, (2011), Psiklogi Eksperimen, Malang: UMM Press

Lukitaningsih, A. (n.d.). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. 13(2), 14.

Mafazatil Umami, (2021) Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Self Awareness Pada Remaja Lombok Timur, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227-235.

Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.

Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).

Nurgiyantoro, Singgih. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth

PENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLEH PERUSAHAAN KUSUMA AGRO INDUSTRI BATU. 11.

Perbankan Syariah, 2(1), 35–49. https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.552

psikologi terhadap keputusan pembelian online pakaian wanitaâ€, jurnal manajemen pemasaran petra, vol.1 no 2.

Rafsanjani, H. (2017). Peran Koperasi Wanita dalam Membangun Keuangan Inklusif Syariah. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).

Rahmawati, L., Tanjung, I., & El Badriati, B. (2018). Analisis Permintaan dan Perilaku Konsumen Fintech Syariah Model Crowdfunding. Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of

Schiffman dan Kanuk, Amelia, 2004, “Analisa marketing mix, lingkungan social,

Slamet, Aam Rusydiana. (2018). Bagaimana Mengembangkan Industri Fintech Syariah di Indonesia Pendekatan Interpretive Structural Model (ISM). Jurnal Al-Muzara’ah 6 (2)

Widia Diningrum, (2020) Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Sosial, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002)

Sulianta, Feri. (2009). WEB Marketing. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Susanto, A., & Susilo, H. (n.d.). PENGGUNAAN WEB SEBAGAI SALAH SATU

Suyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran Perilaku Konsumen.

CAPS (Center for Academic Publishing Service). Yogyakarta.

Syamsul Rizal, (2020), Analisis Efektivitas Iklan Kartu Smartfren Versi 2000/GB Melalui Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Wardhana, A. (2015). STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA. 12.

Downloads

Published

2022-10-29

How to Cite

Permata Putri, D. S., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pada Fintech Syariah (Studi pada Erahn.Id). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(3). https://doi.org/10.30651/jms.v7i3.14725

Issue

Section

Artikel