Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pada Fintech Syariah (Studi pada Erahn.Id)
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v7i3.14725Keywords:
digital marketing, kualitas website, kualitas iklan, kualitas sosial media, keputusan pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website, kualitas iklan dan kualitas social media sebagai digital marketing terhadap keputusan pembelian .Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan mengunakan rumus  Slovin sehingga jumlah sampel penelitian yang didapatkan sebanyak 270 sampel. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas website berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian nasabah Erahn.Id. variabel kualitas iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian nasabah Erahn.Id. kemudian variabel kualitas sosial media berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian nasabah Erahn.Id.
Â
References
Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cristian Doritta, what compaineies can learn from unicron start up to overcome the covid-19 krisis (2021)
Eric M. Olson, dkk, Business Strategy and the management of digital marketing, (business Horizons, 2021)
Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta. Andi.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang. Universitas Diponegoro.
Georg Hauer, Digital Transformation challenge successful enterprise-an exploration of the collab or marketing and sales (2020)
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat.
Semarang. Universitas Diponegoro.
Goyette, Isabelle. 2012. “Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Contextâ€.
Jurnal Word of Mouth. Dalam Dimensi Word of Mouth.
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., and François Marticotte. 2010. e-WOM Scale: Word-of- Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences
Gurnelius, Susan. 2011. 30-minute Sosial Media Marketing. United States. McGraw-Hill Companies.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga
Ibnu, Widiyanto, 2008. Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang. BP Undip Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12. Jakarta. Indeks. Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 13. Jakarta. Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Edisi
Jakarta.Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2.
Jakarta.Erlangga.
Kotler, Philip. 1998. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, (alih bahasa : Hendro Teguh, dan Ronny A. Rusli) Jilid 2, Jakarta. Prenhalindo.
Kominfo. (2016). Mengenal Generasi Millenial. diperoleh pada tanggal 17 Juni 2020 dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi- millennial/0/sorotan_media
Kotler, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, implementasi dan Kontrol, Edisi Sebelas, (alih Bahasa, Hendra Teguh). Jakarta. Prenhalindo.
Latipun, (2011), Psiklogi Eksperimen, Malang: UMM Press
Lukitaningsih, A. (n.d.). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. 13(2), 14.
Mafazatil Umami, (2021) Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Self Awareness Pada Remaja Lombok Timur, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227-235.
Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.
Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).
Nurgiyantoro, Singgih. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth
PENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLEH PERUSAHAAN KUSUMA AGRO INDUSTRI BATU. 11.
Perbankan Syariah, 2(1), 35–49. https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.552
psikologi terhadap keputusan pembelian online pakaian wanitaâ€, jurnal manajemen pemasaran petra, vol.1 no 2.
Rafsanjani, H. (2017). Peran Koperasi Wanita dalam Membangun Keuangan Inklusif Syariah. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).
Rahmawati, L., Tanjung, I., & El Badriati, B. (2018). Analisis Permintaan dan Perilaku Konsumen Fintech Syariah Model Crowdfunding. Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of
Schiffman dan Kanuk, Amelia, 2004, “Analisa marketing mix, lingkungan social,
Slamet, Aam Rusydiana. (2018). Bagaimana Mengembangkan Industri Fintech Syariah di Indonesia Pendekatan Interpretive Structural Model (ISM). Jurnal Al-Muzara’ah 6 (2)
Widia Diningrum, (2020) Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Sosial, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002)
Sulianta, Feri. (2009). WEB Marketing. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Susanto, A., & Susilo, H. (n.d.). PENGGUNAAN WEB SEBAGAI SALAH SATU
Suyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran Perilaku Konsumen.
CAPS (Center for Academic Publishing Service). Yogyakarta.
Syamsul Rizal, (2020), Analisis Efektivitas Iklan Kartu Smartfren Versi 2000/GB Melalui Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Wardhana, A. (2015). STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA. 12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.