Analisis yang Mempengaruhi Penggunaan M-Banking bagi Nasabah BNI

Authors

  • Andri Sahata Sitanggang
  • Tiara Aprilliany Nurrochman
  • Retta Syafira
  • Ivaldy Khalifah Nas Halim
  • Putri Salsabina
  • Affi Zain Aisy

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.14216

Abstract

ABSTRAK

Layanan internet  bankingyang  merupakan  pelayanan  jasa  bank  sehingga  nasabah memperoleh informasi, melakukan transaksi perbankan 24 jam sehari tanpa dibatasi ruang dan   waktu   asal   terhubung   dengan   jaringan   internet. Metode   yang   digunakan   dalam penelitian  adalah  kuantitatif,  dengan  menggunakan  test  statistik.  Data  yang  digunakan adalah   data   primer   dan   data   sekunder.   Data   primer   diambil   langsung   dari   tempat penelitian dengan menyebarkan kuisioner dan wawancara yang merupakan sumber utama dalam  penelitian  ini. Dari  penelitian  ini  diperoleh  kesimpulan  bahwa faktor-faktor  yang mempengaruhi  minat  nasabah  dalam  menggunakan  layanan   internet  bankingadalah faktor  kemudahan,  keamanan,  kenyamanan,  efisien  dan  praktis.  Dan  faktor  yang  paling dominan  mempengaruhi  minat  nasabah  dalam  menggunakan internet  bankingadalah faktor kenyamanan. Sedangkan untuk Chi Kuadrat menunjukkan terdapat pengaruh positif antara  persepsi  kemudahan  dan  persepsi  kemanfaatan  terhadap  minat  nasabah  dalam menggunakan internet   banking di   PT.   Bank   BNI    Cabang   Bandung.

Kata Kunci : Minat Nasabah, Internet Banking, Mobile Banking

References

Br Samosir, F. K., Purabaya, R. H., & Wi Pradnyana, I. W. (2020). Pengukuran Tingkat Kapabilitas Aplikasi Moblie Banking Dengan Menggunakan Framework Pada Domain Apo dan Dss (Studi Kasus Bank Negara Indonesia (BNI) Fatmawati. Vol 1, No 2.

Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).

Nasution, M. H., & Sutisna. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINA NASABAH TERHADAP INTERNET BANKING. Jurnal Nisbah , Vol 1 Nomor 1 .

Wandi, j., Bachri, S., & Parubak, B. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEUNTUNGAN, PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH BNI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING. Vol 6,no 1.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Sitanggang, A. S., Nurrochman, T. A., Syafira, R., Halim, I. K. N., Salsabina, P., & Aisy, A. Z. (2022). Analisis yang Mempengaruhi Penggunaan M-Banking bagi Nasabah BNI. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2). https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.14216

Issue

Section

Artikel