Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menggunakan Jasa Perbankan Syariah

Authors

  • Raja Zainal Abidin Harahap IAIN Padangsidimpuan
  • Darwis Harahap
  • Rukiah Rukiah
  • M. Fauzan
  • Ananda Anugrah Nasution

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.11547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh lokasi, pengetahuan produk, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap minat menggunakan jasa bank syariah pada masyarakat Desa Pudun Julu. Sampel pada penelitian ini adalah responden sebanyak 165,73 dan digenapkan menjadi 166 responden dari 283 populasi Desa Pudun Julu Kec. Padangsidimpuan Batunadua pada tahun 2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan menggunakan Software SPSS 23. Hasil penelitian ini yaitu variabel lokasi dan pengetahuan produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat Desa Pudun Julu Kec. Padangsidimpuan Batunadua  menggunakan jasa perbankan syariah. Kemudian variabel promosi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat Desa Pudun Julu Kec. Padangsidimpuan Batunadua. Setelah itu, variabel Lokasi, Pengetahuan Produk, dan Promosi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat Masyarakat Desa Pudun Julu.

References

Ahmadi, Abu, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Hasil Wawancara dengan Ibu Nuriati Harahap, 10 Agustus 2018.

Hasil Wawancara dengan Bapak Rabuddin Siregar, 13 Agustus 2018.

Hasil Wawancara dengan Ibu Sari Bintang Hasibuan, 12 Agustus 2018.

Hasil Wawancara dengan Ibu Sri Indah Dewi Lestari, 13 Agustus 2018.

Hasil Wawancara dengan Bapak Sumardi, 11 Agusutus 2018.

Hasil Wawancara dengan Bapak Supono, 12 Agustus 2018.

Kotler Philip, Manajemen Pemasaran di Indonesia, (Jakarta: Salemba Empat, 1999.

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Saleh, Abdul Rahman dan Muhib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2004.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Zainal Abidin Harahap, R., Harahap, D., Rukiah, R., Fauzan, M., & Anugrah Nasution, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2). https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.11547

Issue

Section

Artikel