FKIP UMSurabaya

Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Arfin Arfin, Lidya Dewi Anggraeni

Sari

Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah dalam mengupayakan peningkatan prestasi belajar siswa melalui starategi kepemimpinan Kepala Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri 09 Mandonga Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif dengan subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, 7 orang Guru, dan 52 siswa kelas V (lima) SD Negeri 09 Mandonga Kota Kendari, yang ditentukan dengan mengunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan alur, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi. Pengujian kredibilitas data dilakukan dengan pendekatan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri 09 Mandonga Kota Kendari yaitu melakukan bimbingan dan konseling sebagai bentuk nasehat dan motivasi oleh Kepala Sekolah mengenai cara belajar yang efektif, mengumpulkan data nilai siswa sebagai bentuk perhatian dan kontrol  Kepala Sekolah kepada siswa dan guru, melakukan diagnosis terhadap data siswa sebagai bentuk uapaya menggali informasi, dan melakukan prognosis melalui program terencana sesuai kebutuhan siswa yaitu bimbingan belajar tambahan, melibatkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, membentuk kelompok belajar siswa, dan program pendampingan keluaga bermasalah.

Kata Kunci

Strategi, Kepala Sekolah, dan Prestasi Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Fathurrohman, P dan Sutikno, S. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman. 2006. Peran Starategis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint.

Rudin, A dan Siregar, N.R. 2014. Hubungan Aktivitas Belajar di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Kendari. Kendari. Jurnal Humanika ISSN 1979-8296.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1552

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.