Peran dan Strategi Pemasaran Agen dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah pada PT. Prudential Life Assurance Cabang Binjai (Agency Prusyariah Prestasi Agency)

Nurlisa Tamara, Nurbaiti Nurbaiti, Muhammad Ikhsan Harahap

Abstract

Agen asuransi adalah seseorang atau badan hukum yang kegiatannya memberikan jasa dalam memasarkan jasa asuransi untuk dan atas nama penanggung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan strategi pemasaran agen dalam mempertahankan loyalitas nasabah PT Prudential Life Assurance Cabang Binjai (Agency Prusyariah Prestasi Agency).Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi dan data sekunder berupa artikel-artikel, jurnal, dan media online.Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Dari hasil penelitian ini terungkap dari 6 peran agen Inisiator, Konektor, Komunikator, Motivator, Edukator, dan Administrator semuanya haruslah dilaksanakan dan dijalankan oleh setiap agen. Karena ke 6 peran ini sangat membantu seorang agen dalam mempertahankan loyalitas nasabahnya karena menciptakan nasabah yang loyal adalah inti dari suatu perusahaan.Dan strategi pemasaran agen menggunakan personal selling.Agen sebelum memasarkan produknya harus memilih dan menilai prospek, melakukan pendekatan, presentasi, mengatasi keberatan, penutup. Ke 4 proses personal selling ini harus dijalankan oleh setiap agen. Dan dalam mempertahankan loyalitas nasabah adalah dengan strategi pengembangan yang dikembangkan oleh agen sendiri dengan menjadikan agen yang aktif dan bertanggung jawab atas peran nya.

Full Text:

Pdf

DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jms.v7i2.11114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.