Pembelajaran Matematika Melalui Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII-B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya
Abstrak
Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 13 adalah karena kemampuan siswa dalam menguasai materi matematika masih rendah dan keaktifan siswa dalam menjawab permasalahan masih rendah sehingga siswa cenderung pasif. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan Thinking Aloud Pair Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa, aktivitas siswa, respon siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 13 dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving, meningkatnya kemampuan siswa dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil analisa data kemampuan siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving. Rata-rata nilai siswa meningkat dari siklus I dengan rata-rata , meningkat sebesar  dari nilai (UTS) semester genap dan dari siklus II meningkat  dari siklus I dengan rata-rata . Hasil analisis aktivitas siswa teliti dalam menyelesaikan masalah dengan memperoleh presentase terbesar, yaitu 20%. Respon siswa menunjukkan persentase 92,3% siswa berminat mengikuti pembelajaran matematika.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariani, Willis. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Skripsi. Surabaya: UM Surabaya Tidak Dipublikasikan.
Asrawi, 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Media Domat Di SD Integral Luqman Al Hakim Sumenep. Skripsi. Surabaya: UM Surabaya Tidak Dipublikasikan.
Bambang, S.A. Metode Strategi Mengajar (https://bambangsrianggoro.wordpress.com/metode-strategi-mengajar/), (online) diakses pada 02-02-2016.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Pontianak: ALFABETA
David, Jonassen. H, 2004. Learning To Solve Problems An Instructional Design Guide. San Fransisco.
Djamarah, S.B. & Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne, Robert. Teori Belajar. Tersedia di http://www.vilila.com/2010/10/teori-belajar-robert-gagne-1916-2002.html/, (online) diakases tanggal 02-03-2016
Gani, M.R. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran TAPPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Materi Ruang Dimensi Tiga dI MAN 2 Kudus. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Hamzah, A. & Mushlisrarini. 2013. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hanafiah, N. & Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Johnson, S. D. & Chung. 1999. The Effect Of Thinking Aloud Pair Problem Solving On The Troubleshooting Ability Of Aviation Technician Students. Jurnal of Agricultural Education. Tersedia di
(http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JITE/v37n1/john.html), (online) diakses pada 02-03-2016.
Masriyah. 2007. Modul 9 Penyusunan Non Tes. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Purwodarminto. 1988. Pengertian Kemampuan. Tersedia di (http://www.sarjanaku.com), (online) diakses pada 06-03-2016.
Slameto. 2010. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Stice, J.E. 1987. Teaching Problem Solving. Tersedia di (http://wwwinst.eecs.berkeley.edu/~ee301/fa13/Readings/teaching_problem_solving_stice.pdf), (online) diakses pada 28-01-2016.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.
Suyitno, A. 2006. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Unnes.
Tim Pengembang MKDP. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Winarti, Atik. 2008. CTL Matematika SMP Kelas VII Edisi 4. Jakarta: Depdiknas.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.