Penerapan U-Mat dan Jam Trigonometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa

Dyani Primaningsih (1)
(1) SMAN I NGLAMES, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media U-Mat dan Jam Trigonometri ditinjau dari gaya kognitif siswa. Pelaksanaan pembelajaran media U-Mat dan Jam Trignometri terdiri dari enam fase yaitu kegiatan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar (terdiri dari 1 siswa FI, dan FD), membimbing kelompok belajar siswa, evaluasi, serta memberikan penghargaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Nglames dengan subjek siswa kelas X MIA 3 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, obeservasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah melalui teknik deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebesar 37, 505%.

Full text article

Generated from XML file

References

Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 193-203.

Hudojo, H. (2001). Psikologi kognitif untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika, bahan kuliah pasca sarjana pendidikan matematika UNESA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Khodadady, E., & Zeynali, S. (2012). Field-dependence/independence cognitive style and performance on the IELTS listening comprehension. International Journal of Linguistics, 4(3), 622-635. https://doi.org/10.5296/ijl.v4i3.2389

Krismanto, A. (2003). Pembelajaran trigonometri SMA. P4TK Matematika: Yogyakarta.

Lutviani, V. (2014). Perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya kognitif siswa pada pelajaran matematika kelas VIII di UPTD SMP negeri 2 Sumbergempol Tulungagung [Skripsi]. IAIN Tulungagung. http://digilib.iain-tulungagung.ac.id.

Maghsudi, M. (2007). The interaction between field dependent/independent learning styles and learners’ linguality in third language acquisition. Interactive Multimedia Electronic Journal of Computer-Enhanced Learning, 7(5), 1-23.

Putra, A. P. (2014). Eksperimentasi pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dan open ended pada materi segitiga dan segiempat ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP negeri se-kabupaten Pacitan. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 16-20.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Sternberg, R. J., & Williams, W. M. (2010). Educational psychology (2nd ed). Upper Saddle River, NJ: Pearson/Merrill.

Sugiyono. (2007). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2010). Peranan multimedia dalam pembelajaran dan gaya belajar siswa. Jakarta: Erlangga.

Winkel, W. S. (1998). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Witkin, J. (1977). The pseudo-conceptual and the pseudo-analitycal arthought processes in mathematics learning. Journal Educational Studies in Mathematic, 34, 97–129.

Yasa, A., Made, I., Sadra, I. W., & Suweken, G. (2013). Pengaruh pendidikan matematika realistik dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2), 1-11.

Authors

Dyani Primaningsih
dyeprime@gmail.com (Primary Contact)
Primaningsih, D. (2020). Penerapan U-Mat dan Jam Trigonometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.4319

Article Details

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.