Penerapan U-Mat dan Jam Trigonometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 193-203.
Hudojo, H. (2001). Psikologi kognitif untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika, bahan kuliah pasca sarjana pendidikan matematika UNESA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Khodadady, E., & Zeynali, S. (2012). Field-dependence/independence cognitive style and performance on the IELTS listening comprehension. International Journal of Linguistics, 4(3), 622-635. https://doi.org/10.5296/ijl.v4i3.2389
Krismanto, A. (2003). Pembelajaran trigonometri SMA. P4TK Matematika: Yogyakarta.
Lutviani, V. (2014). Perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya kognitif siswa pada pelajaran matematika kelas VIII di UPTD SMP negeri 2 Sumbergempol Tulungagung [Skripsi]. IAIN Tulungagung. http://digilib.iain-tulungagung.ac.id.
Maghsudi, M. (2007). The interaction between field dependent/independent learning styles and learners’ linguality in third language acquisition. Interactive Multimedia Electronic Journal of Computer-Enhanced Learning, 7(5), 1-23.
Putra, A. P. (2014). Eksperimentasi pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dan open ended pada materi segitiga dan segiempat ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP negeri se-kabupaten Pacitan. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 16-20.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964
Sternberg, R. J., & Williams, W. M. (2010). Educational psychology (2nd ed). Upper Saddle River, NJ: Pearson/Merrill.
Sugiyono. (2007). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2010). Peranan multimedia dalam pembelajaran dan gaya belajar siswa. Jakarta: Erlangga.
Winkel, W. S. (1998). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Witkin, J. (1977). The pseudo-conceptual and the pseudo-analitycal arthought processes in mathematics learning. Journal Educational Studies in Mathematic, 34, 97–129.
Yasa, A., Made, I., Sadra, I. W., & Suweken, G. (2013). Pengaruh pendidikan matematika realistik dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2), 1-11.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.