Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VIII C SMP R. Rahmat Balongbendo Sidoarjo
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Banyak model pembelajaran tetapi ada salah satu model pembelajaran yang baik dan tepat untuk diterapkan yakni model pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa untuk belajar dan mengarah pada permasalahan kehidupan sehari-hari sehingga dapat dimengerti oleh siswa, model pembelajaran problem based instruction. Jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIC SMP R. Rahmat Balongbendo Sidoarjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dua siklus tindakan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan teknik pengumpulan data metode tes, metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIIIC SMP R. Rahmat Balongbendo Sidoarjo mengalami peningkatan. Data awal sebelum tindakan nilai UTS Genap 48,57% setelah diterapkannya model pembelajaran pada aspek kognitif siklus I 54,29% tuntas setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 100% tuntas. Peningkatan aktivitas siswa aspek afektif 73,10% pada siklus I setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 80,65%. Peningkatan aktivitas siswa aspek psikomotor 70,86% pada siklus I setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 80,76%.
Full text article
Generated from XML file
References
Arikunto, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, M. Adityo. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi pada Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar matematika Kelas XI IPA 1 Semester II SMA Muhammadiyah 2 Gemolong. (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah diakses 7 Maret 2015.
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Authors
Bahrudin, M. S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VIII C SMP R. Rahmat Balongbendo Sidoarjo. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 199–208. https://doi.org/10.30651/must.v1i2.239
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ