Penerapan Model Kooperatif Tipe TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Materi Perbandingan dan Skala pada Siswa Kelas 5 SD Darul Falah Tahun Ajaran 2012/2013
Abstrak
Permasalahan yang terjadi pada kelas 5 SD Darul Falah adalah rata-rata nilai hasil belajar matematika untuk beberapa pokok bahasan belum mencapai SKM yaitu sebesar ≥ 65. Rata-rata nilai hasil belajar matematika kelas 5 SD untuk beberapa materi sebesar 58,5. Sedangkan siswa yang telah mencapai atau melebihi SKM sebesar 33,3%. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya hasil belajar matematika adalah siswa kurang memahami konsep awal materi serta motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan model kooperatif tipe TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) yaitu suatu strategi untuk meningkatkan kemampuan soal pemecahan masalah melalui penyelidikan verbal dan elaborasi dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah, yang mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan diharapkan siswa dapat saling membantu dalam rangka menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematika sehingga prestasi belajarnya meningkat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Darul Falah Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah hasil evaluasi belajar siswa, observasi terhadap siswa dan respon siswa. Data yang diperoleh selama pelaksanaan diolah secara deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Darul Falah dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode TAPPS, ini dilihat dari nilai awal ke siklus 1 diperoleh rata-rata 56,94 atau meningkat sebesar 23,11% dan pada siklus 2 diperoleh rata-rata 78,89 atau meningkat sebesar 38,55%.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mukhlis, Abdul. (Ed) 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan pada Pelatihan Peningkatan Kualifikasi Guru S1 PGSD. Universitas Jember
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
lavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning, Theory, Research, and Practice. Bandung: Nusa Media.
Utomo, Dwi Priyo. 2009. Matematika Untuk kelas 5 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.