Penerapan Model Kooperatif Tipe TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Materi Perbandingan dan Skala pada Siswa Kelas 5 SD Darul Falah Tahun Ajaran 2012/2013

Fatimah Fatimah (1)
(1) Mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada kelas 5 SD Darul Falah adalah rata-rata nilai hasil belajar matematika untuk beberapa pokok bahasan belum mencapai SKM yaitu sebesar ≥ 65. Rata-rata nilai hasil belajar matematika kelas 5 SD untuk beberapa materi sebesar 58,5. Sedangkan siswa yang telah mencapai atau melebihi SKM sebesar 33,3%. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya hasil belajar matematika adalah siswa kurang memahami konsep awal materi serta motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan model kooperatif tipe TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) yaitu suatu strategi untuk meningkatkan kemampuan soal pemecahan masalah melalui penyelidikan verbal dan elaborasi dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah, yang mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan diharapkan siswa dapat saling membantu dalam rangka menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematika sehingga prestasi belajarnya meningkat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Darul Falah Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah hasil evaluasi belajar siswa, observasi terhadap siswa dan respon siswa. Data yang diperoleh selama pelaksanaan diolah secara deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Darul Falah dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode TAPPS, ini dilihat dari nilai awal ke siklus 1 diperoleh rata-rata 56,94 atau meningkat sebesar 23,11% dan pada siklus 2 diperoleh rata-rata 78,89 atau meningkat sebesar 38,55%.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mukhlis, Abdul. (Ed) 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan pada Pelatihan Peningkatan Kualifikasi Guru S1 PGSD. Universitas Jember

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

lavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning, Theory, Research, and Practice. Bandung: Nusa Media.

Utomo, Dwi Priyo. 2009. Matematika Untuk kelas 5 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas

Authors

Fatimah Fatimah
meyme.taufiq@gmail.com (Primary Contact)
Fatimah, F. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Materi Perbandingan dan Skala pada Siswa Kelas 5 SD Darul Falah Tahun Ajaran 2012/2013. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/216

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.