Penerapan Model Kooperatif Tipe TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Materi Perbandingan dan Skala pada Siswa Kelas 5 SD Darul Falah Tahun Ajaran 2012/2013
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada kelas 5 SD Darul Falah adalah rata-rata nilai hasil belajar matematika untuk beberapa pokok bahasan belum mencapai SKM yaitu sebesar ≥ 65. Rata-rata nilai hasil belajar matematika kelas 5 SD untuk beberapa materi sebesar 58,5. Sedangkan siswa yang telah mencapai atau melebihi SKM sebesar 33,3%. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya hasil belajar matematika adalah siswa kurang memahami konsep awal materi serta motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan model kooperatif tipe TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) yaitu suatu strategi untuk meningkatkan kemampuan soal pemecahan masalah melalui penyelidikan verbal dan elaborasi dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah, yang mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan diharapkan siswa dapat saling membantu dalam rangka menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematika sehingga prestasi belajarnya meningkat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Darul Falah Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah hasil evaluasi belajar siswa, observasi terhadap siswa dan respon siswa. Data yang diperoleh selama pelaksanaan diolah secara deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Darul Falah dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode TAPPS, ini dilihat dari nilai awal ke siklus 1 diperoleh rata-rata 56,94 atau meningkat sebesar 23,11% dan pada siklus 2 diperoleh rata-rata 78,89 atau meningkat sebesar 38,55%.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mukhlis, Abdul. (Ed) 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan pada Pelatihan Peningkatan Kualifikasi Guru S1 PGSD. Universitas Jember
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
lavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning, Theory, Research, and Practice. Bandung: Nusa Media.
Utomo, Dwi Priyo. 2009. Matematika Untuk kelas 5 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ