Peningkatan Kualitas Guru SMP di Kabupaten Kediri dalam Penyusunan Soal AKM melalui Pendampingan Intensif
Abstract
Riset yang dilakukan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan matematika siswa di Indonesia cukup rendah. Kebijakan Ujian Nasional (UN) sebagai alat ukur evaluasi kualitas pendidikan di Indonesia dinilai perlu dievaluasi. Untuk itu, pemerintah menetapkan kebijakan baru pengganti UN yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter yang mulai diterapkan tahun 2021. Namun, sebagian besar guru belum memiliki wawasan yang cukup mengenai AKM dan survei karakter. Oleh karena itu, diadakan kegiatan workshop dan pendampingan intensif mengenai peningkatan kompetensi guru dalam memahami dan merancang soal berbasis AKM kategori literasi, numerasi, dan survei karakter. Dalam hal ini, sasaran kegiatan tersebut adalah guru Matematika dan IPA tingkat SMP di Kabupaten Kediri. Lebih lanjut, kemampuan seluruh guru diukur sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan. Melalui pengujian hipotesis median dengan uji Wilcoxon pada dua sampel berpasangan, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kompetensi yang signifikan pada seluruh peserta kegiatan dalam hal pemahaman, perancangan soal AKM kategori literasi, numerasi, dan survei karakter yang masing – masing meningkat sebesar 1.5; 31.5; 25.5; dan 26.5 poin. Melalui kegiatan ini, diharapkan kompetensi guru bertambah guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia yang merupakan target Sustainable Development Goals (SDGs).
Full text article
References
Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106 - 119.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri. (2021). Kabupaten Kediri dalam Angka 2021. Kediri: BPS Kediri.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2017). Buku Saku UN. Diakses pada 28 September 2021, dari https://bsnp-indonesia.org.
Handayu, A. R. (2020). Analisis Terhadap Butir Soal Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Tingkat Smp Ditinjau Dari Domain Literasi Matematis Pisa. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kemendikbud. (2020). Programme for International Student Assessment (PISA). Diakses pada 29 September 2021, dari https://litbang.kemdikbud.go.id/pisa.
Nugraheny, D. E. (2019). Selengkapnya, Ini Program Nadiem Makarim yang Akan Gantikan UN. Diakses pada 29 September 2021, dari https://nasional.kompas.com/read/2019/12/12/06584211/selengkapnya-ini-program-nadiem-makarim-yang-akan-gantikan-un?page=all.
Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181.
OECD. (2019). PISA 2018: latest result. Diakses pada 28 September 2021, dari PISA, Programme for International Student Assessment: https://www.oecd.org/pisa/.
OECD. (2020). What is PISA?. Diakses pada 28 September 2021, dari PISA, Programme for International Student Assessment: https://www.oecd.org/pisa/.
Purwanto. (2019). UN Dihapus, Ini Penjelasan Kementerian Pendidikan. Diakses pada 28 September 2021, dari https://nasional.tempo.co/read/1282951/un-dihapus-ini-penjelasan-kementerian-pendidikan/full&view=ok.
Puspendik. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Diakses pada 28 September 2021, dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/.
Suliyanto. (2014). Statistika Non Parametrik dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Suliyanto. (2017). Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223–232.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV Alfabeta: Bandung.
Ulyah, S. M., Sediono, Ana, E., Sholihah, N., & Niswatin, K. (2021). Improving the Competency of High School Teachers in Understanding and Designing Questions Based on Minimum Competency Assessment in Babat Lamongan District. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 55–64.
Walpole, R. E., Myers, R. H., & Myers, S. L. (2011). Probability and Statistics for Engineers and Scientists, 9th Edition. Boston: Prentice Hall.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ