Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di SMA Hidayatul Ummah Surabaya Tahun Ajaran 2012 – 2013
Abstrak
Pembelajaran dengan penemuan terbimbing merupakan suatu komponen penting dalam pendekatan konstruksi yang telah memiliki sejarah panjang dalam dunia pendidikan. Ide pembelajaran penemuan terbimbing muncul dari keinginan untuk memberi rasa senang kepada anak dalam “menemukan†sesuatu oleh mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa, aktifitas siswa, dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing berlangsung. Penelitian ini menggunakan rancangan One Shoot Study Case. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Hidayatul Ummah Surabaya. Hasil analisis data diperoleh prestasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing, siswa yang tuntas belajar adalah 25 siswa sedangkan rata-ratanya sebanyak 69,89, dan simpangan baku sebanyak 69,80. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing memiliki rata-rata presentasi terbesar 23,44% pada kategori berdiskusi, 19,96 pada kategori mengerjakan latihan/ LKS, dan 16,67 pada kategori mendengarkan/ memperhatikan penjelasan guru. Sedangkan Hasil kuesioner siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing sebesar 72,7%.
Artikel teks lengkap
Referensi
Ahhmadi, Supriyano. 2004. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bahri, Syaiful dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bahri, Zain dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Markaban. 2007. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Nur, Muhammad. 2000. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Uneversity Press.
Padiya. 2007. Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. www.model-pembelajaran--penemuan-terbimbing.com.
Roestyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Ciputat Press.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.