Peningkatan Kompetensi Guru SMA/MA di Kecamatan Bungah dalam Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Learning Management System Menuju Terbentuknya Sekolah Digital
Abstract
SMA ASSA’ADAH dan MA MA’ARIF NU ASSA’ADAH merupakan sekolah-sekolah yang berlokasi di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, sekolah-sekolah tersebut memiliki permasalahan seperti belum efektifnya penggunaan fitur-fitur pada platform pembelajaran online dikarenakan keterbatasan keterampilan guru dan keterbatasan sinyal internet peserta didik dan guru. Oleh karena itu, perlu diberikan pelatihan penggunaan fitur-fitur platform pembelajaran online yang efektif dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kompetensi guru sesudah dilakukan pelatihan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu dengan mengaplikasikan uji-T berpasangan pada data hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Hasil pengujian dengan uji-T berpasangan juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Hal ini menunjukan bahwa proses pelatihan efektif meningkatkan kompetensi peserta.
Full text article
References
Alias, N. A., & Zainuddin, A. M. (2005). Innovation for better teaching and learning: Adopting the learning management system. Malaysian online journal of instructional technology, 2(2), 27-40.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Johnson, R. A., & Bhattacharyya, G. K. (2019). Statistics: principles and methods. John Wiley & Sons.
Hollander, M., Wolfe, D. A., & Chicken, E. (2014). Nonparametric statistical methods (Vol. 751). John Wiley & Sons.
Gautreau, C. (2011). Motivational factors affecting the integration of a learning management system by faculty. Journal of Educators Online, 8(1), n1.
Kakasevski, G., Mihajlov, M., Arsenovski, S., & Chungurski, S. (2008, June). Evaluating usability in learning management system Moodle. In Iti 2008-30th international conference on information technology interfaces (pp. 613-618). IEEE.
Maharani, T. & Galih, B. "Mendikbud: setelah pandemi covid-19, pembelajaran jarak jauh akan permanen", diakses dari: https://nasional.kompas.com/read/2020/07/02/14445511/mendikbud-setelah-pandemi-covid-19-pembelajaran-jarak-jauh-akan-permanen pada 24 Februari 2021
Marhamah, S., Maiyastri, & Asdi Y. (2016). Studi prestasi mahasiswa dengan analisis statistika deskriptif (studi kasus: mahasiswa program studi matematika FMIPA Universitas Andalas tahun 2009-2011). Jurnal Matematika UNAND, 5(4), 36-44.
Sounderpandian, J., & Aczel, A. (2008). Complete business statistics, 7th edition (The Mcgraw-Hill Irwin Series). United States: McGraw-Hill Companies, Inc.
Ulyah, S. M., Sediono, S., Ana, E., Sholihah, N., & Niswatin, K. (2021). Improving the competency of high school teachers in understanding and designing questions based on minimum competency assessment in Babat Lamongan district. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 55-64.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ