Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif

Prayitno Prayitno (1), M. Fariz Fadillah Mardianto (2)
(1) Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, SMPN 1 Mojo, Kediri, Indonesia,
(2) Universitas Airlangga, East Java, Indonesia

Abstract

Selama pandemi COVID-19, sistem pembelajaran daring menjadi hal yang umum dilakukan. Untuk membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran, diperlukan media pembelajaran yang mudah digunakan dan interaktif. Media powerpoint interaktif diusulkan karena powerpoint merupakan media yang umum digunakan, mudah dibuat guru, dan digunakan siswa untuk mendalami materi. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan metode powerpoint interaktif terhadap peningkatan hasil pembelajaran Matematika siswa kelas observasi, yaitu kelas VIII-C SMPN 1 Mojo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2020/2021. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah kompetensi dasar barisan bilangan kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran daring menggunakanpowerpoint interaktif pada siswa dapat meningkatkan hasil pembelajaran Matematika. Hal ini terlihat berdasarkan kenaikan siswa yang tuntas belajar di setiap siklus tahapannya. Berdasarkan siklus tahapan penelitian, diperoleh hasil kenaikan persentase ketuntasan belajar berturut-turut, yaitu a) 65,21% pada siklus I, b) 78,26% pada siklus II, dan c) 90,9% pada siklus III. Selain itu diperoleh peningkatan poin aktivitas siswa, masing – masing a) 6,06 pada siklus I, b) 8,53 pada siklus II, dan c) 11,15 pada siklus III. Kenaikan pesentase ketuntasan dan peningkatan poin aktivitas siswa signifikan berdasarkan hasil uji hipotesis-t multilevel. Dengan demikian, media powerpoint interaktif dapat diterapkan untuk meningkatkan persentase ketuntasan belajar berdasarkan hasil evaluasi.

Full text article

Generated from XML file

References

Al-Deen, H. S. N. (2016). Social media in the classroom. Wilmington: Peter Lang.

Cochran, D. (2019). Doing action research in your own organization. London: SAGE Publisher.

Finkelstein, E., & Samsonov, P. (2007). Powerpoint for teachers: dynamic presentations and interactive classroom project. New York: John Wiley & Sons Inc.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: doing critical participatory action research. Singapore: Springer.

Kurniawan, Y. (2019). Inovasi pembelajaran: model dan metode pembelajaran bagi guru. Surakarta: Kekata Publisher.

Marcovitz, D. M., (2012). Powerful powerpoint for educators: using visual basic for applications to make powerpoint interactive. Oxford: Libraries Unlimited.

Mardianto, M. F. F., Kartiko, S. H., & Utami, H. (2019). Prediction the number of students in indonesia who study in tutoring agency and their motivations based on fourier series estimator and structural equation modelling. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 708-731.

Moerbeek, M., & Teerenstra, S. (2016). Power analysis of trials with multilevel data. New York: CRC Press. Santoso, T. (2014). Persepsi terhadap bimbingan belajar. Banda Aceh: Balai Bahasa Banda Aceh.

Authors

Prayitno Prayitno
M. Fariz Fadillah Mardianto
m.fariz.fadillah.m@fst.unair.ac.id (Primary Contact)
Prayitno, P., & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.