Analisis Education Mapping Terkait Pengelompokkan Kesenjangan Pembangunan Pendidikan Menurut Provinsi di Indonesia

Firli Azizah (1), Wara Pramesti (2), Fenny Fitriani (3)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor kemajuan suatu negara. Namun, kesenjangan pendidikan merupakan salah satu masalah yang terjadi di Indonesia. Masalah ini perlu dikaji lebih dalam berdasarkan gencarnya peningkatan pendidikan di Indonesia oleh pemerintah, khususnya dalam pencapaian program merdeka belajar. Kualitas pendidikan di suatu daerah diukur dengan menggunakan Indeks Pendidikan (IPP). Regresi berganda dan K-Means merupakan dua metode yang dapat digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap IPP dan mengelompokkan IPP berdasarkan variabel-variabel yang berpengaruh signifikan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia. Hasil analisis menyimpulkan bahwa, variabel yang mempengaruhi IPP adalah variabel tingkat melek huruf, persentase penduduk miskin, persentase guru SMA yang memenuhi syarat, persentase siswa usia 5-24 tahun yang menggunakan komputer selama 3 bulan terakhir. menurut provinsi, persentase siswa berusia 5-24 tahun yang mengakses internet selama 3 bulan terakhir menurut provinsi, dan tingkat kelulusan sekolah menurut provinsi dan tingkat sekolah menengah pertama. Kelompok tinggi memiliki proporsi 20,5%, kelompok sedang memiliki proporsi 70% dan kelompok rendah memiliki proporsi 5% sehingga perlu dilakukan upaya lebih lanjut untuk pemerataan pembangunan pendidikan khususnya di Indonesia bagian timur yang masih memiliki IPP yang rendah.

Full text article

Generated from XML file

References

Basri, H. (2018). Pemodelan Regresi Berganda Untuk Data Dalam Studi Kecerdasan Emosional. Didaktika, Jurnal Pendidikan, 12(2), 103-116.

Fauzan, M., Nusantara, A., Nawatmi, S., & Santosa, A. B. (2020). Indeks Pembangunan Manusia dan Pendidikan di Jawa Tengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 27(1), 49-58.

Gustientiedina, G., Adiya, M. H., & Desnelita, Y. (2019). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Obat-Obatan. Jurnal Nasional Teknologi & Sistem Informasi, 5(1), 17-24.

Harahap, B. (2019). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Menentukan Bahan Bangunan Laris (Studi Kasus Pada UD. Toko Bangunan YD Indarung). Ready Star - 2, 2(1), 394-403.

Indraputra, R. A., & Fitriana, R. (2020). K-Means Clustering Data COVID-19. Jurnal Teknik Industri, 10(3), 275-282.

Iryani, E., & Ramdani, A. S. (2019). Kajian Indeks Pembangunan Manusia (IPM); Analisa Pengaruh Rendahnya Indeks Pendidikan di Kabupaten Tangerang. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 3(2), 1-11.

Mahendra, R., Fariyanti, A., & Falatehan, A. F. (2016). Strategi Peningkatan Indeks Pendidikan Melalui Alokasi Belanja Pemerintah Daerah Bidang Pendidikan Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 8(2), 1-19.

Mona, M. G., Kekenusa, J. S., & Prang, J. D. (2015). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa, Studi Kasus: Petani Kelapa Di Desa Beo, Kecamatan Beo Kabupaten Talaud. JdC, 4(2), 196-203.

Mukaromah, V. F. (2019, 12 07). Soal Skor PISA 2018, dari Wejangan Nadiem hingga Perlunya Perubahan Budaya Belajar. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/07/194500665/soal-skor-pisa-2018-dari-wejangan-nadiem-hingga-perlunya-perubahan-budaya?page=all

Nursiyono, J. A., & Nadeak, P. P. (2016). Setetes Ilmu Regresi Linier. Malang: Media Nusa Creative.

Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang. Fibonacci, Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 117-128.

Rosita, I. Y., Ichdayati, L. I., & Sari, R. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Ekspor Biji Kakao Indonesia Ke Malaysia. Jurnal Agribisnis, 13(4), 37-58.

Authors

Firli Azizah
firliazizah203@gmail.com (Primary Contact)
Wara Pramesti
Fenny Fitriani
Azizah, F., Pramesti, W., & Fitriani, F. (2022). Analisis Education Mapping Terkait Pengelompokkan Kesenjangan Pembangunan Pendidikan Menurut Provinsi di Indonesia. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 7(2), 130–138. https://doi.org/10.30651/must.v7i2.11097

Article Details