Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Menggunakan Langkah-Langkah Polya pada Pokok Bahasan Perbandingan dan Skala

Intan Ristiana Dewi (1)
(1) Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SD adalah rendahnya kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap soal cerita. Untuk mengatasi itu diperlukan penerapan langkah pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah penggunaan langkah-langkah Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SDN Simbatan 2 Magetan pada pokok bahasan perbandingan dan skala, aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran dengan langkah-langkah Polya, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan langkah-langkah Polya. Meningkatnya kemampuan siswa dilihat dari hasil prestasi belajar siswa. Hasil analisis data kemampuan siswa kelas V SDN Simbatan 2 Magetan dapat ditingkatkan menggunakan langkah-langkah Polya. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 69,62 menjadi 85,54. Hasil analisis aktivitas siswa dalam memperhatikan penjelasan guru memperoleh presentase terbesar, yaitu 51,10%. Respon siswa terhadap pembelajaran soal cerita dengan langkah-langkah Polya menunjukkan respon positif, yaitu dengan persentase 85% siswa setuju jika langkah-langkah Polya digunakan seterusnya dalam pembelajaran matematika soal cerita.

Full text article

Generated from XML file

References

Afifah, Riana. 2012. Kurikulum Diubah karena Kemampuan Siswa “Mandekâ€. http://www.kompas.com (diakses pada 21 Februari 2013).

Anonim. 2011. Teori Pemecahan Masalah Polya dalam Pebelajaran Matematika. http://masbied.files.wordpress.com/2011/05/modul-matematika-teori-belajar-polya.pdf (diakses pada 18 Januari 2013).

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hadinartomo, Hendra.2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Polya pada Siswa Kelas V. Surabaya : Universitas Muhamaddiyah Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rhineka Cipta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Authors

Intan Ristiana Dewi
t4n.stone@gmail.com (Primary Contact)
Dewi, I. R. (2016). Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Menggunakan Langkah-Langkah Polya pada Pokok Bahasan Perbandingan dan Skala. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/218

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.