Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Menggunakan Langkah-Langkah Polya pada Pokok Bahasan Perbandingan dan Skala
Abstrak
Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SD adalah rendahnya kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap soal cerita. Untuk mengatasi itu diperlukan penerapan langkah pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah penggunaan langkah-langkah Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SDN Simbatan 2 Magetan pada pokok bahasan perbandingan dan skala, aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran dengan langkah-langkah Polya, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan langkah-langkah Polya. Meningkatnya kemampuan siswa dilihat dari hasil prestasi belajar siswa. Hasil analisis data kemampuan siswa kelas V SDN Simbatan 2 Magetan dapat ditingkatkan menggunakan langkah-langkah Polya. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 69,62 menjadi 85,54. Hasil analisis aktivitas siswa dalam memperhatikan penjelasan guru memperoleh presentase terbesar, yaitu 51,10%. Respon siswa terhadap pembelajaran soal cerita dengan langkah-langkah Polya menunjukkan respon positif, yaitu dengan persentase 85% siswa setuju jika langkah-langkah Polya digunakan seterusnya dalam pembelajaran matematika soal cerita.
Artikel teks lengkap
Referensi
Afifah, Riana. 2012. Kurikulum Diubah karena Kemampuan Siswa “Mandekâ€. http://www.kompas.com (diakses pada 21 Februari 2013).
Anonim. 2011. Teori Pemecahan Masalah Polya dalam Pebelajaran Matematika. http://masbied.files.wordpress.com/2011/05/modul-matematika-teori-belajar-polya.pdf (diakses pada 18 Januari 2013).
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Hadinartomo, Hendra.2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Polya pada Siswa Kelas V. Surabaya : Universitas Muhamaddiyah Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rhineka Cipta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.