Profil Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Memecahkan Masalah Matematika

Nathasa Pramudita Irianti (1), Rio Febrianto Arifendi (2), Elita Mega Selvia Wijaya (3)
(1) Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Indonesia,
(2) Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Indonesia,
(3) Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Indonesia

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis peserta didik yang memiliki tipe kognitif reflektif dan impulsif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang. Untuk mendapatkan kelompok gaya kognitif dilakukan Matching Familiar Figures Test (MFFT), kemudian pada masing–masing kelompok dipilih 2 subjek dengan memperhatikan kemampuan komunikasi peserta didik saat mengeluarkan gagasan secara lisan maupun tertulis sesuai hasil wawancara dengan guru matematika. Keempat subjek diberikan soal pemecahan masalah untuk mengetahui profil masing- masing gaya kognitif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peserta didik reflektif mampu memahami masalah, setiap keputusan disertai dengan alasan yang relevan, penarikan kesimpulan tepat, mampu menjelaskan kesimpulan yang dibuat dengan baik serta tidak melakukan overview. Sedangkan untuk peserta didik dengan gaya kognitif impulsif mampu memahami masalah, beberapa alasan yang dikemukakan tidak relevan sehingga penarikan kesimpulan yang dilakukan kurang tepat, dan melakukan overview pada soal yang dirasa mudah. Persamaan peserta didik reflektif dan impulsif terletak pada focus sedangkan perbedaannya terletak pada reason, inference, situation, clarity, dan overview.

References

Read More

Authors

Nathasa Pramudita Irianti
nathasa1990@gmail.com (Primary Contact)
Rio Febrianto Arifendi
Elita Mega Selvia Wijaya
Irianti, N. P., Arifendi, R. F., & Wijaya, E. M. S. (2021). Profil Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Memecahkan Masalah Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 133–146. https://doi.org/10.30651/must.v6i1.9178

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.