PEMENUHAN KEBUTUHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN TENAGA KERJA MELALUI MASSIVE OPEN ONLINE COURSES (MOOCS)
Abstrak
Pendidikan tinggi di Indonesia mengalami perkembangan pesat seiring dengan tuntutan globalisasi dan revolusi industri 4.0. Perubahan dinamis dalam dunia tenaga kerjaan menuntut keterampilan baru dan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan. Massive Open Online Courses (MOOCs) adalah bentuk inovatif dari kursus pendidikan yang dapat diakses secara daring melalui internet. MOOCs menawarkan akses terbuka kepada materi pembelajaran dan dirancang untuk mengakomodasi partisipasi dari sejumlah besar peserta tanpa batasan fisik pada jumlah peserta. Pendidikan memiliki peran krusial dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas dalam konteks kemajuan dan tantangan globalisasi. Kemajuan teknis memerlukan sumber daya manusia yang unggul dan dapat bersaing, sehingga dibutuhkan pemikiran dan tindakan yang tepat dan efektif untuk mengatasi rendah hasil belajar dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian menerapkan pendekatan analisis kuantitatif dengan mengadopsi metode Partial Least Square (PLS). Penelitian menyajikan rekomendasi pengembangan MOOCs sesuai dengan Technology Acceptance Model.
Artikel teks lengkap
Referensi
Alida, N., & Jamilus, M. (2021). Pelatihan Daring Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru di Era Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1096–1106. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.156
Arfanly, B., Sarma, M., & Syamsun, M. (2016). Peran Entrepreneurial Marketing dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran pada Industri Rumahan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 11(2), 141–150. https://doi.org/10.29244/MIKM.11.2.141-150
Bettiol, S., Psereckis, R., & MacIntyre, K. (2022). A perspective of Massive Open Online Courses (MOOCs) and public health. Frontiers in Public Health, 10(2). https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.1058383
Evianto, E. (2020). Persepsi Peserta Atas Penyelenggaraan Massive Open Online Course (MOOC) Audit Berbasis Risiko. Cendekia Niaga, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.52391/jcn.v4i1.474
Farhan Saputra. (2021). Leadership, Communication, and Work Motivation in Determining the Success of Professional Organizations. Journal of Law, Politic and Humanities, 1(2), 59–70. https://doi.org/10.38035/jlph.v1i2.54
Hair Jr., J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. 197. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 24(2), 187–200.
Mackenzie, S. C., Cumming, K. M., Mehar, S., Wilson, L., Cunningham, S. G., Bickerton, A., & Wake, D. J. (2022). Education at scale: Improvements in type 1 diabetes self-management following a massive open online course. Diabetic Medicine, 39(8), 1–4. https://doi.org/10.1111/dme.14842
Nagel, P. J. F. (2020). Peningkatan SDM Indonesia yang Berdaya Saing melalui Pendidikan di Era Transformasi Digital dan Teknologi yang Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 1(1), 31–38. http://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1212
Nila Kusuma Windrati, Isma Dwi Fiani, Arifah Bintarti, & Asih, I. W. (2023). Pengembangan Rancangan Pembelajaran Massive Open and Online Courses (MOOCs) Public Speaking. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 24(1), 9–18. https://doi.org/10.33830/ptjj.v24i1.3987.2023
Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Jiwa Wirausaha Pada Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan Informal. Jurnal USAHA, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.30998/juuk.v2i1.653
Risdianto, Eko, Syarkowi, A., & Jumiarni, D. (2021). Analisis Data Respon Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis MOOCs pada Matakuliah Ilmu Lingkungan Menggunakan Rasch Model. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 47–57. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p047
Siti Anisah, A., & Holis, A. (2020). Enkulturasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 318. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1005
Suhaimi. (2016). Peranan Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Calon Tenaga Pendidik. Jurnal Educasia, 1(1), 1–18. www.educasia.or.id,
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298
Wonorahardjo, S., & Dasna, I. W. (2021). MOOC untuk Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di Universitas Negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SINAPMAS), September. http://conference.um.ac.id/index.php/sinapmas/article/view/3234/1786
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Noramti Mardianti Manurung, Fitriani Tupa Ronauli Silalahi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.