PEMENUHAN KEBUTUHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN TENAGA KERJA MELALUI MASSIVE OPEN ONLINE COURSES (MOOCS)

Noramti Mardianti Manurung (1), Fitriani Tupa Ronauli Silalahi (2)
(1) Institut Teknologi Del, Indonesia,
(2) Institut Teknologi Del, Indonesia

Abstrak

Pendidikan tinggi di Indonesia mengalami perkembangan pesat seiring dengan tuntutan globalisasi dan revolusi industri 4.0. Perubahan dinamis dalam dunia tenaga kerjaan menuntut keterampilan baru dan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan. Massive Open Online Courses (MOOCs) adalah bentuk inovatif dari kursus pendidikan yang dapat diakses secara daring melalui internet. MOOCs menawarkan akses terbuka kepada materi pembelajaran dan dirancang untuk mengakomodasi partisipasi dari sejumlah besar peserta tanpa batasan fisik pada jumlah peserta. Pendidikan memiliki peran krusial dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas dalam konteks kemajuan dan tantangan globalisasi. Kemajuan teknis memerlukan sumber daya manusia yang unggul dan dapat bersaing, sehingga dibutuhkan pemikiran dan tindakan yang tepat dan efektif untuk mengatasi rendah hasil belajar dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian menerapkan pendekatan analisis kuantitatif dengan mengadopsi metode Partial Least Square (PLS). Penelitian menyajikan rekomendasi pengembangan MOOCs sesuai dengan Technology Acceptance Model.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Alida, N., & Jamilus, M. (2021). Pelatihan Daring Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru di Era Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1096–1106. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.156

Arfanly, B., Sarma, M., & Syamsun, M. (2016). Peran Entrepreneurial Marketing dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran pada Industri Rumahan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 11(2), 141–150. https://doi.org/10.29244/MIKM.11.2.141-150

Bettiol, S., Psereckis, R., & MacIntyre, K. (2022). A perspective of Massive Open Online Courses (MOOCs) and public health. Frontiers in Public Health, 10(2). https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.1058383

Evianto, E. (2020). Persepsi Peserta Atas Penyelenggaraan Massive Open Online Course (MOOC) Audit Berbasis Risiko. Cendekia Niaga, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.52391/jcn.v4i1.474

Farhan Saputra. (2021). Leadership, Communication, and Work Motivation in Determining the Success of Professional Organizations. Journal of Law, Politic and Humanities, 1(2), 59–70. https://doi.org/10.38035/jlph.v1i2.54

Hair Jr., J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. 197. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 24(2), 187–200.

Mackenzie, S. C., Cumming, K. M., Mehar, S., Wilson, L., Cunningham, S. G., Bickerton, A., & Wake, D. J. (2022). Education at scale: Improvements in type 1 diabetes self-management following a massive open online course. Diabetic Medicine, 39(8), 1–4. https://doi.org/10.1111/dme.14842

Nagel, P. J. F. (2020). Peningkatan SDM Indonesia yang Berdaya Saing melalui Pendidikan di Era Transformasi Digital dan Teknologi yang Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 1(1), 31–38. http://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1212

Nila Kusuma Windrati, Isma Dwi Fiani, Arifah Bintarti, & Asih, I. W. (2023). Pengembangan Rancangan Pembelajaran Massive Open and Online Courses (MOOCs) Public Speaking. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 24(1), 9–18. https://doi.org/10.33830/ptjj.v24i1.3987.2023

Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Jiwa Wirausaha Pada Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan Informal. Jurnal USAHA, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.30998/juuk.v2i1.653

Risdianto, Eko, Syarkowi, A., & Jumiarni, D. (2021). Analisis Data Respon Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis MOOCs pada Matakuliah Ilmu Lingkungan Menggunakan Rasch Model. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 47–57. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p047

Siti Anisah, A., & Holis, A. (2020). Enkulturasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 318. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1005

Suhaimi. (2016). Peranan Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Calon Tenaga Pendidik. Jurnal Educasia, 1(1), 1–18. www.educasia.or.id,

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Wonorahardjo, S., & Dasna, I. W. (2021). MOOC untuk Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di Universitas Negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SINAPMAS), September. http://conference.um.ac.id/index.php/sinapmas/article/view/3234/1786

Penulis

Noramti Mardianti Manurung
Fitriani Tupa Ronauli Silalahi
fitriani.silalahi@del.ac.id (Kontak utama)
Noramti Mardianti Manurung, & Fitriani Tupa Ronauli Silalahi. (2024). PEMENUHAN KEBUTUHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN TENAGA KERJA MELALUI MASSIVE OPEN ONLINE COURSES (MOOCS). MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 9(2). https://doi.org/10.30651/must.v9i1.23764

Rincian Artikel