Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Sorong
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Anggraeni, A. A. A., & Veryliana, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218-225.
Deschuri, C., Kurnia, D., & Gusrayani, D. (2016). Penerapan model kooperatif teknik make a match dengan media kartu klop untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan buatan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 361-370.
Deschuri, C. (2016). Penerapan model kooperatif teknik make a match dengan media kartu klop untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan buatan (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13.
Heldaenni. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SD negeri 025 Teluk Binjai Dumai Timur. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(3), 405-409.
Kompri. (2016). Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Layn, M. R. (2020). The effectiveness of the learning model assure kekongruenan and kesebangunan material on student learning outcomes of SMP Negeri 5 Kota Sorong. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 36-48.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran (studi kasus MTs negeri Tungkob Darussalam Kabupaten Aceh Besar). Lantanida Journal, 4(2), 87-97.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.