Peningkatan Kualitas Guru SMP di Kabupaten Kediri dalam Penyusunan Soal AKM melalui Pendampingan Intensif
Abstrak
Riset yang dilakukan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan matematika siswa di Indonesia cukup rendah. Kebijakan Ujian Nasional (UN) sebagai alat ukur evaluasi kualitas pendidikan di Indonesia dinilai perlu dievaluasi. Untuk itu, pemerintah menetapkan kebijakan baru pengganti UN yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter yang mulai diterapkan tahun 2021. Namun, sebagian besar guru belum memiliki wawasan yang cukup mengenai AKM dan survei karakter. Oleh karena itu, diadakan kegiatan workshop dan pendampingan intensif mengenai peningkatan kompetensi guru dalam memahami dan merancang soal berbasis AKM kategori literasi, numerasi, dan survei karakter. Dalam hal ini, sasaran kegiatan tersebut adalah guru Matematika dan IPA tingkat SMP di Kabupaten Kediri. Lebih lanjut, kemampuan seluruh guru diukur sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan. Melalui pengujian hipotesis median dengan uji Wilcoxon pada dua sampel berpasangan, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kompetensi yang signifikan pada seluruh peserta kegiatan dalam hal pemahaman, perancangan soal AKM kategori literasi, numerasi, dan survei karakter yang masing – masing meningkat sebesar 1.5; 31.5; 25.5; dan 26.5 poin. Melalui kegiatan ini, diharapkan kompetensi guru bertambah guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia yang merupakan target Sustainable Development Goals (SDGs).
Artikel teks lengkap
Referensi
Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106 - 119.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri. (2021). Kabupaten Kediri dalam Angka 2021. Kediri: BPS Kediri.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2017). Buku Saku UN. Diakses pada 28 September 2021, dari https://bsnp-indonesia.org.
Handayu, A. R. (2020). Analisis Terhadap Butir Soal Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Tingkat Smp Ditinjau Dari Domain Literasi Matematis Pisa. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kemendikbud. (2020). Programme for International Student Assessment (PISA). Diakses pada 29 September 2021, dari https://litbang.kemdikbud.go.id/pisa.
Nugraheny, D. E. (2019). Selengkapnya, Ini Program Nadiem Makarim yang Akan Gantikan UN. Diakses pada 29 September 2021, dari https://nasional.kompas.com/read/2019/12/12/06584211/selengkapnya-ini-program-nadiem-makarim-yang-akan-gantikan-un?page=all.
Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181.
OECD. (2019). PISA 2018: latest result. Diakses pada 28 September 2021, dari PISA, Programme for International Student Assessment: https://www.oecd.org/pisa/.
OECD. (2020). What is PISA?. Diakses pada 28 September 2021, dari PISA, Programme for International Student Assessment: https://www.oecd.org/pisa/.
Purwanto. (2019). UN Dihapus, Ini Penjelasan Kementerian Pendidikan. Diakses pada 28 September 2021, dari https://nasional.tempo.co/read/1282951/un-dihapus-ini-penjelasan-kementerian-pendidikan/full&view=ok.
Puspendik. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Diakses pada 28 September 2021, dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/.
Suliyanto. (2014). Statistika Non Parametrik dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Suliyanto. (2017). Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223–232.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV Alfabeta: Bandung.
Ulyah, S. M., Sediono, Ana, E., Sholihah, N., & Niswatin, K. (2021). Improving the Competency of High School Teachers in Understanding and Designing Questions Based on Minimum Competency Assessment in Babat Lamongan District. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 55–64.
Walpole, R. E., Myers, R. H., & Myers, S. L. (2011). Probability and Statistics for Engineers and Scientists, 9th Edition. Boston: Prentice Hall.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.