KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIS SISWA

Shinta Wahyu Ningrum (1), Fatimatul Khikmiyah (2), Enny Suryantari (3)
(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Gersik, Indonesia,
(3) SMAN 1 Gersik, Indonesia

Abstrak

Kemampuan literasi numerasi dapat membantu seseorang untuk mengenali kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kemampuan koneksi matematis yang dimiliki siswa. Tanpa kemampuan koneksi matematis yang baik maka kemampuan literasi numerasi siswa tidak akan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi ditinjau dari koneksi matematis yang dimiliki siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gresik yang masing-masing memiliki tingkat kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen data yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi dapat menyelesaikan soal literasi numerasi dengan tepat Sedangkan siswa dengan kemampuan koneksi matematis sedang dan rendah belum dapat menyelesaikan soal literasi numerasi dengan tepat. Hal tersebut dikarenakan siswa belum memahami konsep dasar operasi hitung pembagian pecahan bentuk akar dan konsep materi trigonometri sendiri. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar siswa lebih memaksimalkan kemampuan koneksi matematisnya dengan meningkatkan pemahaman konsep yang dimiliki. Sehingga dengan memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik maka akan dapat menunjang kemampuan literasi numerasi yang baik juga untuk menyelesaikan soal matematika, khususnya pada soal AKM.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Anagün, Ş. S. (2018). Teachers’ perceptions about the relationship between 21st century skills and managing constructivist learning environments. International Journal of Instruction, 11(4). doi: 10.12973/iji.2018.11452a

Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Susanti, D., & Antoro, B. (2021). Panduan Literasi & Numerisasi Di Sekolah. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/22599/1/Panduan_Penguatan_Literasi_dan_Numerasi_di_Sekolah_bf1426239f.pdf

Hana, A. T., & Sulistyorini, Y. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). doi: 10.31537/laplace.v4i2.550

Hidayati, U., & Jahring, J. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2890. doi: 10.24127/ajpm.v10i4.4417

Kemendikbudristek. (2023). Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor: 1152/H3/SK.02.01/2023. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, September.

Khomariah, N., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik smp ditinjau dari pola pikir matematis. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3). doi: 10.26877/aks.v13i3.13632

Kirani, D., Putri, R., Farmila, W., & Dalimunthe, D. A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA/I KELAS X MAS AL WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1). doi: 10.47662/pedagogi.v9i1.539

Megawati, L. A. M., & Sutarto, H. (2021). Analysis Numeracy Literacy Skills in Terms of Standardized Math Problem on a Minimum Competency Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(2).

NCTM. (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics Overview. National Council of Teachers of Mathematics, 18(11).

Ningsih, A. A., Utami, C., & Wahyuni, R. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 6. doi: 10.26737/jerr.v3i1.2015

Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). doi: 10.24176/anargya.v2i1.3013

PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. Retrieved from https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Putri, H. E., & Yosi Adiputra. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA pada Materi Trigonometri. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 29–39. doi: 10.30656/gauss.v5i2.5559

Rahmawati, N. D., Zakaria, M. H., & Endahwuri, D. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KEPRIBADIAN SISWA. JIPMat, 8(1). doi: 10.26877/jipmat.v8i1.15194

Rosida, N., Sunardi, S., & Suparti, S. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Jenis Kelamin Tipe Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). doi: 10.31004/cendekia.v7i2.2374

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019).

Shiddieqy, M. Z. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9). doi: 10.54371/jiip.v6i9.2799

Tama, D. A., & Setyadi, D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1536–1548. doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1303

Tasni, N., & Susanti, E. (2017). Membangun koneksi matematis siswa dalam pemecahan masalah verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1). doi: 10.20414/betajtm.v10i1.108

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMK PADA MATERI TRIGONOMETRI. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. doi: 10.15575/ja.v6i1.8566

Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Penulis

Shinta Wahyu Ningrum
shintawahyu171@gmail.com (Kontak utama)
Fatimatul Khikmiyah
Enny Suryantari
Wahyu Ningrum, S., Khikmiyah, F., & Suryantari, E. (2024). KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIS SISWA. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 9(1). https://doi.org/10.30651/must.v9i1.22346

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.