Strategi Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Teknologi Informasi (T.I) Terhadap Peningkatan Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha

Hugo Aries Suprapto (1)
(1)

Abstrak

Dalam era globalisasi dan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (T.I.K) yang bergerak begitu cepat, mengharuskan semua sistem dan tatanan pendidikan yang untuk menyesuaikan diri baik, visi, misi, tujuan, serta strateginya demi tercapainya pendidikan yang berkualitas dan bermutu. Salah satunya dengan melaksanakan pengelolaan pembelajaran kewirausahaan berbasis Teknologi Informasi pada Jurusan Teknik Industri Universitas Indraprasta PGRI.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket wawancara dan observasi dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kewirausahaan berbasis teknologi informasi pada minat mahasiswa menjadi wirausaha pada jurusan teknik industri. Dalam pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa dalam membuka pelajaran, mendengarkan materi perkuliahan, kebanyakan mahasiswa Teknik Industri sudah mampu dan mahir dalam melaksanakannya dengan baik terutama menyiapkan alat-alat pendukung pembelajaran seperti leptop, flasdisk, infokus, dan layanan wifi internet online. Hasil penelitian melalui observasi mengenai penilaian perkuliahan mahasiswa pada jurusan Teknik Industri Fakultas MIPA sudah baik. Hasil wawancara dengan banyak mahasiswa pada jurusan Teknik Industri menunjukkan bahwa semuanya berupaya meningkatkan pengetahuan menjadi wirausaha dalam pembelajaran di ruang kelas, karena penilaian yang dilakukan adalah penilaian proses dan produk.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Anonim. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20.Tahun 2003. Jakarta. Sinar Grafika, PT.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Lexy J Moelong. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Risdakarya, PT. (Edisi Revisi).

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfabeta. CV, Kerjasama Sekolah Pascasarjana UPI.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sujadna, S. Dkk. (2001). Metode dan Tehnik Pembelajaran Partsipatif. Bandung. Falah Production.

Zulkhairi, Djailani. AR, Nasir Usman. (2012. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi (T.I) Pada Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyahian Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Mekah, Vol. 13. No. 2 September 2012 ISSN : 1693-4849.

Sejati Br. Perangin-angin. (2016). Kelebihan Strategi Pembelajaran Yang Berpusat Pada Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran (Natural), Vol. 1. No. 2 Oktober-November 2016 : ISSN : 2528-5785.

Yamin, Martinis. H. (2009). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat. Gaung Persada Press.

Penulis

Hugo Aries Suprapto
unindra103@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found