Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Affandi, L.H., Ermiada, I., & Makki, M. 2018. Effective Professional Learning Community Model for Improving Elementary School Teachers’ Performance. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 326, doi: https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.54.
Basuki, I., dan Hariyanto. 2016. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Inovasi. 2019. Modul Penguatan Pendidikan Inklusif Berbasis Kelompok Kerja Guru. Jakarta: Inovasi Indonesia.
Janney, R., & Snell, M. E. 2013. Modifying schoolwork: Teacherr’s guide to inclusive practices. Baltimore, MD: Paul H. Br.
Junaidi, A.R. 2015. Adaptasi Kurikulum: Rujukan Bagi Guru di Kelas Inklusif. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM. (online), (http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_624574942196.pdf), diakses pada 20 April 2020.
Kemdikbud. 2019. Instrumen Profil Belajar Siswa, (obline), (http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/profil-belajar-siswa/), diakses tanggal 12 April 2020.
Kemendikbud. 2019. Panduan Pendataan Siswa Penyandang Disabilitas. (online) ( http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/?ddownload=639), diakses tanggal 15 April 2020.
Miles, M.B., & Huberman, A.M. 2012. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode- metode Baru. Jakarta: UI Press
Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurmaya, A.L, & Aswat, H. 2020. Analisis Kendala Guru Sekolah Dasar di Kota Baubau Dalam Implementasi Kurikulum 2013. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 5 (1), p.1-9.
Peraturan Mendiknas Nomor 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
Peraturan Bupati Kab, Lombok Tengah No. 31 tentang Penyelengaraan Pendidikan Inklusif di Kab. Lombok Tengah.
Rombot, O. 2017. Pendidikan Inklusi. (online), (https://pgsd.binus.ac.id/2017/04/10/ pendidikan -inklusi/), diakses tanggal 15 April 2020.
Roza, A. dan Rifma. 2020. Perencanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Majamen Sekolah Inklusif. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 5 (1), p. 61-69.
Sadiman, A.,Rahardjo., Haryono, A., & Rahardjito. 2010. Media Pendidikan, pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Sadioglu, O. Batu, S. Bilgin, A dan Oksal, A. 2013. Problem, Expectations, and Suggestion of Elementary Teacher Regarding Inclusion. Educational Science: Theory & Practice. 13 (3), p. 1760-1765 DOI: 10.12738/estp.20133.1546
Saputra, A. 2016. Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif . GOLDEN AGE Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 1 (3), p. 1-13.
Suparno., Purwanto, H., & Purwanto, E. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen DIKTI Depdiknas.
Tarnoto, N. 2016. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. Humanitas, 13 (1) p. 50-61. (online), (http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_626984286959.pdf), diakses pada tanggal 20 Maret 2020.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.