Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik di Era Pandemi Covid-19

Yuli Khoirinnida (1), Wawan Shokib Rondli (2)
(1) SD Negeri Ringinkidul, Indonesia,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muria Kudus, Indonesia

Abstrak

Artikel ini memiliki tujuan utama untuk mendeskripsikan bagaimana penguatan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran tematik di era pandemi covid-19. Untuk memahami fenomena tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Terdapat 31 orang partisipan yang terdiri dari 1 orang guru kelas dan 30 orang siswa. Untuk mengumpulkan data di lapangan digunakan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Triangulasi digunakan sebagai teknik keabsahan data, sedangkan analisis data menggunakan tradisi kualitatif dengan model interaktif-induktif. Hasil penelitian mengungkap bahwa penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar dalam pembelajaran tematik di era pandemi covid-19 dilaksanakan melalui pembelajaran secara daring mulai dari perencanaan pelaksanaan sampai pada penilaian. Penilaian menggunakan model portofolio. Meskipun demikian praktiknya lebih menekankan pada karakter mandiri dan integritas. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan penelitian penguatan pendidikan karakter secara daring dengan berbagai model penilaian yang dapat mengakomodir kelima nilai karakter utama yang diamanahkan dalam permendikbud nomor 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter.

Referensi

Read More

Penulis

Yuli Khoirinnida
yulikhoirinnida@gmail.com (Kontak utama)
Wawan Shokib Rondli

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found