Strategi Mahasiswa dalam Meningkatkan Minat Belajar, Self-Efficacy, Self Regulated pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi mahasiswa dalam meningkatkan minat belajar, self efficacy dan self regulated pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan dilakukan dengan wawancara. Jenis analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 memiliki tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk itu diperlukan strategi serta upaya untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jika minat belajar mahasiswa tinggi maka self efficacy dan self regulated mahasiswa ikut tinggi yang mana dua hal tersebut merupakan kemampuan diri untuk menghadapi tantangan di tengah pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa upaya yang dilakukan mahasiswa dalam meningkatkan minat belajar yaitu dengan mengatur waktu belajar dan kegiatan positif lainnya, diskusi dengan dosen dan teman mengenai materi kuliah yang dipelajari serta membuat checklist materi yang sudah dikuasai dan belum dikuasai, belajar dari berbagai sumber (internet, jurnal, media sosial), membuat lingkungan belajar yang menyenangkan, mendapatkan support system (dari keluarga, teman), melakukan mindfulness (meditasi, afirmasi positif ), serta mendekatkan diri kepada Tuhan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Adi, Ni Nyoman Serma,. et.al. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1), 43-48.
Agustina, Fitri dan M. Nursalim Malay. (2019). Hubungan Antara Self efficacy dan Self regulated Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Jurnal Anfusina: Journal of Psychology. 2(2), 195-206.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Argaheni, Niken Bayu. (2020). Sistematika Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya. 8(2), 99-108.
Bandura, Albert. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Halawa, Aristina. (2020). Self Efficacy Mahasiswa Dalam Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Stikes William Booth. Jurnal Keperawatan. 9(2), 26-32.
Herliandry, Devi., N. M. E. S. H. K. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi, 22(1), 65–69.
Jamil, Syarifah Hikmah dan Invony Dwi Aprilisanda. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal BAJ (Behavioral Accounting Journal). 3(1), 37-46.
Latipah, Eva. (2010). Strategi Self-Regulated Learning Dan Prestasi Belajar: Kajian Meta-Analisis. Jurnal Psikologi. 37(1), 110-129.
Latipah, Eva. (2017). Influence Experiential learning to self-regulated learning. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia. 14(1), 41-56.
Manopo, Cendy Chaterine. (2020). Analisis Minat Belajar Mahasiswa FKIP Universitas Papua Pada Pembelajaran Online. SJPIF: Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 2(2): 121.
Nurhasanah, Siti dan A. Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Mahasiswa. Junal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.
Pantu, Eka Apristian. (2021). Moderasi Usia Dalam Pengaruh Semester Terhadap Efikasi Diri Akademik Pada Pembelajaran Online. PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi, 10(1), 78-89.
Putria, H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 4 (4), 861–872.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School, 7(2), 297–302.
Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2), 214-224.
Shofiah, Vivik dan Raudatussalamah. (2014) Self Efficacy dan Self Regulation Sebagai unsur Penting Dalam Pendidikan Karakter (Aplikasi Pembelajaran Mata Kuliah Akhlak Tasawuf). KutubKhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 17(2): 214-229.
Siagian, Roida Eva Flora. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 2(2), 122-131.
Simbolon, Naeklan. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa.. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED.
Sternberg, Robert J. (2010). Innovation in Education Psychology: Perspectives on Learning Teaching and Human Development. New York: Spiringer Publishing Company.
Susanty, Sri. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Hospitality: Jurnal Ilmiah Perhotelan. 9(2), 157.
Tamba, Janet Joana dan Dyan Evita Santi. (2021). Efikasi Diri dengan Stres Akademik Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Buku Abstrak Seminar Nasional “Memperkuat Kontribusi Kesehatan Mental dalam Penyelesaian Pandemi Covid-19: Tinjauan Multidisipliner. Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.
Walidain, Birrul. (2020). Keterampilan Belajar Mahasiswa di Masa Covid-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal. 3(2), 55-60.
Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning: China’s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak. Journal of Risk and Financial Management, 13(3), 55.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.