IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK

Banatul Hanidar Anggitawati (1), Agnes Herlina Dwi Hadiyanti (2), Yohanes Bruri Kriswanto (3)
(1) Universitas Sanata Dharma, Indonesia,
(2) Universitas Sanata Dharma, Indonesia,
(3) SD Kanisius Demangan Baru I, Indonesia

Abstrak

  

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan kemampuan komunikasi peserta didik kelas III A SD Kanisius Demangan Baru I Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini berjumlah 18 orang. Pengumpulan data melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap percaya diri dan kemampuan komunikasi peserta didik kelas III A SD Kanisius Demangan Baru I tahun ajaran 2022/2023 mengalami peningkatan melalui penerapan model problem based learning. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat perolehan persentase pada setiap variabel. Untuk variabel percaya diri pada kondisi prasiklus diperoleh persentase sebesar 42,59 %. Pada siklus I terlihat adanya peningkatan menjadi 62,96 %. Kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 77,77 %. Untuk variabel kemampuan komunikasi pada kondisi prasiklus diperoleh persentase sebesar 47,96 %. Pada siklus I terlihat adanya peningkatan menjadi 62,96 %, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,66 %. Oleh karena perolehan persentase untuk kedua variabel tersebut sudah melebihi 70 %, maka penelitian ini berhenti pada siklus II.

 

 

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Al-Uqshari, Yusuf. 2005. Percaya Diri Pasti!. Jakarta:Bumi Aksara

Aryanto, E. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema I Organ Gerak Hewan dan Manusia (Penelitian Tindakan Kelas, pada Siswa Kelas V C Semeseter I SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Universitas Pasundan

Cheong, F. 2008. Using a problem-based learning approach to teach an intelligent systems course. Journal of Information Technology Education, Nomor 7. Halaman 47-60

Gayatri, Yuni, Amiq Fiqriyati, Kamaliyah Rahmayati, & Lina Listiana. 2015. Peningkatan Penguasaan Konsep, Kemampuan Merancang Skenario Pembelajaran Biologi dan Komunikasi Mahasiswa Melalui Pemodelan Pada Perkuliahan Strategi Belajar Mengajar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Volume 15 Nomor 2. Halaman 1-102

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Pengajaran MIPA, Volume 19 Nomor 1, Halaman 56.

Ibrahim, M. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Ctl (React). Jurnal Tatsqify, 16(1), 55-77, https://doi.org/10.20414/jtqvl6i1.133

Inah, E. (2013). Peranan Komunikasi dalam Pendidikan . Al-Ta'dib, Volume 6 Nomor 1 Halaman 180.

Ismiati, Siti, Nasution, & Waspodo Tjipto Subroto. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaram IPS Topik Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Volume 20 Nomor 2. Halaman 136-143.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PtlT. Remaja Rosdakarya

Padmara, T.Y, Hadiyanti, A.H.D & Saptoro, A. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Volume 5 Nomor 2. Halaman 332-343. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/20615/10983

Puspasari, I., Anjani., & Kadek, I. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri Dalam Kemampuan Komunikasi Pada Metode Pembelajaran Problem Based Learning Mahasiswa Kedokteran Universitas Tadulako. Jurnal Kesehatan Tadulako, Volume 5 Nomor 1 Halaman 39-44. https://doi.org/10.22487/htj.v5i1.111

Rahayu, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Model PNRI. Refleksi Edukatika. Volume 5 Nomor 2. https://doi.org/10.24176/re.v5i2.591

Vega, A. De, Hapidin, & Karnadi. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Obsesi : Jurnal pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Nomor 2 Halaman 433-439. https://doi.org?10.31004/obsesi.v3i2.227

Walsh, Murphy, & Dunbar. 2007.Thibking skills in the early years: A Guide for Practitioners. Stranmillis University College.

Yuniar, D.E, & Ramlah. 2021. Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Teluk Jambe Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 8 Nomor 1. Halaman 420-424.

Penulis

Banatul Hanidar Anggitawati
hanidaranggitawati66@gmail.com (Kontak utama)
Agnes Herlina Dwi Hadiyanti
Yohanes Bruri Kriswanto
Biografi Penulis

Banatul Hanidar Anggitawati, Universitas Sanata Dharma

   

Agnes Herlina Dwi Hadiyanti, Universitas Sanata Dharma

  

Yohanes Bruri Kriswanto, SD Kanisius Demangan Baru I

 

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found