IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan kemampuan komunikasi peserta didik kelas III A SD Kanisius Demangan Baru I Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini berjumlah 18 orang. Pengumpulan data melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap percaya diri dan kemampuan komunikasi peserta didik kelas III A SD Kanisius Demangan Baru I tahun ajaran 2022/2023 mengalami peningkatan melalui penerapan model problem based learning. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat perolehan persentase pada setiap variabel. Untuk variabel percaya diri pada kondisi prasiklus diperoleh persentase sebesar 42,59 %. Pada siklus I terlihat adanya peningkatan menjadi 62,96 %. Kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 77,77 %. Untuk variabel kemampuan komunikasi pada kondisi prasiklus diperoleh persentase sebesar 47,96 %. Pada siklus I terlihat adanya peningkatan menjadi 62,96 %, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,66 %. Oleh karena perolehan persentase untuk kedua variabel tersebut sudah melebihi 70 %, maka penelitian ini berhenti pada siklus II.
Â
ÂArtikel teks lengkap
Referensi
Al-Uqshari, Yusuf. 2005. Percaya Diri Pasti!. Jakarta:Bumi Aksara
Aryanto, E. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema I Organ Gerak Hewan dan Manusia (Penelitian Tindakan Kelas, pada Siswa Kelas V C Semeseter I SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Universitas Pasundan
Cheong, F. 2008. Using a problem-based learning approach to teach an intelligent systems course. Journal of Information Technology Education, Nomor 7. Halaman 47-60
Gayatri, Yuni, Amiq Fiqriyati, Kamaliyah Rahmayati, & Lina Listiana. 2015. Peningkatan Penguasaan Konsep, Kemampuan Merancang Skenario Pembelajaran Biologi dan Komunikasi Mahasiswa Melalui Pemodelan Pada Perkuliahan Strategi Belajar Mengajar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Volume 15 Nomor 2. Halaman 1-102
Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Pengajaran MIPA, Volume 19 Nomor 1, Halaman 56.
Ibrahim, M. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Ctl (React). Jurnal Tatsqify, 16(1), 55-77, https://doi.org/10.20414/jtqvl6i1.133
Inah, E. (2013). Peranan Komunikasi dalam Pendidikan . Al-Ta'dib, Volume 6 Nomor 1 Halaman 180.
Ismiati, Siti, Nasution, & Waspodo Tjipto Subroto. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaram IPS Topik Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Volume 20 Nomor 2. Halaman 136-143.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PtlT. Remaja Rosdakarya
Padmara, T.Y, Hadiyanti, A.H.D & Saptoro, A. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Volume 5 Nomor 2. Halaman 332-343. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/20615/10983
Puspasari, I., Anjani., & Kadek, I. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri Dalam Kemampuan Komunikasi Pada Metode Pembelajaran Problem Based Learning Mahasiswa Kedokteran Universitas Tadulako. Jurnal Kesehatan Tadulako, Volume 5 Nomor 1 Halaman 39-44. https://doi.org/10.22487/htj.v5i1.111
Rahayu, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Model PNRI. Refleksi Edukatika. Volume 5 Nomor 2. https://doi.org/10.24176/re.v5i2.591
Vega, A. De, Hapidin, & Karnadi. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Obsesi : Jurnal pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Nomor 2 Halaman 433-439. https://doi.org?10.31004/obsesi.v3i2.227
Walsh, Murphy, & Dunbar. 2007.Thibking skills in the early years: A Guide for Practitioners. Stranmillis University College.
Yuniar, D.E, & Ramlah. 2021. Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Teluk Jambe Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 8 Nomor 1. Halaman 420-424.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.