Pengaruh Project Based Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik

Alfyananda (1), Queentasya (2), Imanda Oktavia (3)
(1) Universitas Negeri Malang, Indonesia,
(2) Universitas Negeri Malang, Indonesia,
(3) a:1:{s:5:"id_ID";s:25:"Universitas Negeri Malang";}, Indonesia

Abstrak

Mengatasi permasalah sampah dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti membiasakan perilaku mengolah sampah sejak dini. Perilaku pengolahan sampah termasuk dalam literasi lingkungan. Kemampuan ini melibatkan pengetahuan, keterampilan, serta kesadaran terhadap berbagai isu lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh model Project Based Learning berbasis lingkungan terhadap literasi lingkungan peserta didik. Penelitian ini menggunakan Quasi Experiment desain non-equivalent control group design. Peserta didik kelas VIII SMPN 24 Malang menjadi subjek penelitian dengan sampel kelas VIII-F dan VIII-G. Metode analisis menggunakan uji Independent Sample T-Test untuk melihat perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji diketahui terdapat perbedaan signifikan terhadap nilai post-test kedua kelas tersebut. Hal membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan pada peserta didik.

Referensi

Read More

Penulis

Alfyananda
Queentasya
queentasya.vanti.2331747@students.um.ac.id (Kontak utama)
Imanda Oktavia

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found