Pengaruh Project Based Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik
Abstrak
Mengatasi permasalah sampah dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti membiasakan perilaku mengolah sampah sejak dini. Perilaku pengolahan sampah termasuk dalam literasi lingkungan. Kemampuan ini melibatkan pengetahuan, keterampilan, serta kesadaran terhadap berbagai isu lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh model Project Based Learning berbasis lingkungan terhadap literasi lingkungan peserta didik. Penelitian ini menggunakan Quasi Experiment desain non-equivalent control group design. Peserta didik kelas VIII SMPN 24 Malang menjadi subjek penelitian dengan sampel kelas VIII-F dan VIII-G. Metode analisis menggunakan uji Independent Sample T-Test untuk melihat perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji diketahui terdapat perbedaan signifikan terhadap nilai post-test kedua kelas tersebut. Hal membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan pada peserta didik.
Artikel teks lengkap
Referensi
Aini, N., Sumarmi, S., Putra, A. K., & Handoyo, B. (2022). Gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup SMA Negeri 8 Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(10), 1014–1021. https://doi.org/10.17977/um063v2i10p1014-1021
Batubara, R., Mardiansyah, R., & Sukma A.M, A. (2022). Pengadaan Tong Sampah Organik Dan Anorganik Dikelurahan Indro Kecamatan Kebomas Gresik. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(1), 101. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i1.3797
Bulkini, J., & Nurachadijat, K. (2023). Potensi Model PJBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 16-21.
Khoirunnisa, D., Yusal, Y., & Wulandari, R. W. (n.d.). Literasi Lingkungan Siswa SMP: Pengetahuan Ekologi, Keterampilan Kognitif, Sikap Peduli Lingkungan, Dan Perilaku Tanggung Jawab.
Miterianifa, M., & Mawarni, M. F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Lingkungan dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 7(1), 68–73. https://doi.org/10.24246/juses.v7i1p68-73
Nanda, A. D., Nurdiana, F. R., Fitriastuti, H., Maulana, K. N., Rahmwati, K. L., & Pujiati. (2023). Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco-Enzyme Sebagai Program Pendukung Adiwiyata di SMPN 6 Madiun. BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(1), 174–183. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v5i1.6655
Nurdin, M. N. I., Munastiwi, E., & Sari, J. (2023). Problematika Progam Adiwiyata Sekolah: Studi Kasus Pada MAN Pangkep Kabupaten Pangkep. 12(4).
Rahmawati, A. F., & Syamsu, F. D. (n.d.). Analisis Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Pada Wilayah Perkotaan Di Indonesia.
Rokhmah, Z., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP Pada Sekolah Berkurikulum Wawasan Lingkungan. 9.
Safrizal, S., Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987
Saifuddin, S., Syahyadi, R., Nahar, N., & Bahri, S. (2021). Peningkatan Kualitas Utilization Of Domestic Waste For Bar Soap And Enzym Cleanner (Ecoenzym) Sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun. Jurnal Vokasi, 5(1), 45. https://doi.org/10.30811/vokasi.v5i1.2158
Santoso, R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(2), 1976–1982. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982
Suyaman, Maman, (2020), Model-model Pembelajaran Sastra Berbasis Jejaring, Naskah Tidak Diterbitkan.
Zultaqawa, Z., Firdaus, I. N., & Aulia, M. D. (2023). Manfaat Eco Enzyme Pada Lingkungan. 4.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.