Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Arif. 2008. Dukungan Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Keliling dan Luas Segi Empat. [Online]. Tersedia: http://4riif.wordpress.com/2008/07/10/proposal-penelitian-dukunganmedia-pembelajaran-matematika-berbasis-tik-untuk-peningkatan pemahamankonsep/[ 22 Juni 2015].
Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemdikbud. 2013. Laporan Studi Kajian Peserta Didik pada Tingkat Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Haji, S. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa melalui Pembelajaran Problem Posing dalam Era Informasi/Globalisasi.
Haji, S. 2012a. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep melalui Pembelajaran Matematika Concept Rich.
Haji, S. 2012b. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Kota Bengkulu.
Haji, S. Jurnal Exsacta Pendidikan Matematika dan Sains. Vol. X No. 2. Tidak Diterbitkan.
Mahdiansyah & Rahmawati. 2014. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Badan Penelitian dan Pengembangan.
OECD. 2013. PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do: Student Performance in Mathematics, Reading and Science. Volume 1. Paris: PISA-OECD Publishing.
PIRLS, PISA. Studi Penggunaan Waktu, dan Sertifikasi (Bermutu). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
PISA. 2011. TMSS 2011. International Benchmarks of Science Achievement.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. 2012a. Determinants of Learning Outcomes TIMSS 2011: Final Report. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. 2013b. Laporan Kompetensi Guru dan Prestasi Siswa sebagai Dampak Dana Bantuan Langsung Bermutu kepada KKG/MGMP. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. 2012b. Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Provinsi Kalimantan Timur dan D.I. Yogyakarta. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Ruseffendi, E.T. 1980. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika CBSA. Bandung: Tarsito.
Safrida. 2013. Pengaruh Penerapan Model Evaluasi Kualitas Respon Siswa Berbasis Taksonomi Solo terhadap Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Program Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu (Tesis tidak diterbitkan).
Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Septiani, R. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Hibrid terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya. Program Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya (Tesis tidak diterbitkan).
Shelli. 2013. Pengaruh Strategi Keterampilan Metakognitif terhadap Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Program Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu (Tesis tidak diterbitkan).
Sudijono, A. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA Dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Pembelajaran. Disertasi pada PPS UPI. Bandung.
Suyanto & Asep, J. 2015. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.