Peningkatan Pembelajaran Pkn Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kolaborasi pada Siswa Kelas V SDN Ngasin Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstrak
Untuk dapat mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya dengan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu kita juga perlu “mengerjakannya†yakni penggambarkan sesuatu dengan cara kita sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas menuntut pengetahuan yang telah kita dapatkan, utamanya dalam hal pembelajaran terhadap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui apakah terjadi peningkatan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan setelah diterapkan Strategi Pembelajaran Kolaborasi. (b) ingin mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Kolaborasi terhadap peningkatan prestasi dan motivasi belajar materi pelajaran Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ngasin Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu, siklus I (75,50%), siklus II (82,50%), siklus III (100,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa kelas V SDN Ngasin Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2016/2017, serta Strategi ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Kewarganegaraan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Ali Muhammad, 1996. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo
Arikunto, Suharsimi, 1993. Manajemen Mengajar Secara manusiawi. Jakarta. Rineksa Cipta
Arikunto, Suharsimi, 2001. Dasa-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineksa Cipta
Azhar, lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta. Usaha Nasional
Combs, Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teacher. Alin and bacon, Inc Boston.
Daroes, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang; Aneka Ilmu
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung; Sinar Baru
Foster, Bob. 1999. Seribu Pena SLTP Kelas I. Jakarta; Erlangga
Hadi, Sutrino, 1982. Metodologi Research, Jilid I. Yogyakarta; YP Fak. Psikologi UGM
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung; Sinar Baru Algesindo.
Hasibuan, J.J dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung; Remaja Rosdakarya
Margono, 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta; Reneksa Cipta
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya; Universitas Press
Melvin. L. Siberman. 2004. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung Nusamedia dan Nuansa.
Nur. Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya University Press Universitas Negeri Surabaya.
Rustiyah, N.K. 1991 Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta; Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta; PAUPPAI, Universitas Terbuka.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya; Insan Cendikia.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Watherington. H.C and W.H Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar (Terjemahan) Bandung; Jemmars.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.