Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui hasil belajar siswa dalam ranah kognitif dan psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan handout pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X Program Keahlian Multimedia.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen pretest posttest dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian diperoleh (1) rata-rata hasil belajar kelas X MM 1 dalam ranah kognitif sebesar 70,303 dan ranah psikomotorik sebesar 70,303, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas X MM 2 dalam ranah kognitif sebesar 79,375 dan ranah psikomotorik sebesar 77,031 (2) Hasil uji t dalam ranah kognitif dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dan Creative Problem Solving sebesar 0,028. Hasil uji t dalam ranah psikomotorik dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation sebesar 0,046 dan Creative Problem Solving sebesar 0,045. Berdasarkan hasil tersebut, maka terdapat perbedaan dalam ranah psikomotorik diantara keduanya.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke 14. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Irwan, N., Sani, R.A. 2015. Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika. Vol (4) No 1. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/120403-ID-none.pdf
Isaksen, S.G., Dorval, K.B., Treffinger, D.J. 2000. Creative Problem Solving: An Introduction. Tersedia di: http://www.creativelearning.com-/PDF-/CPS-Version61.pdf
Lestari, N.M. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Group Investigation (GI) pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X Multimedia (MM) di SMKN 12 Malang. Malang : PTI UM
Mayasari, P., Halim, A., Ilyas, S. 2013. Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Vol (1) No 1. Tersedia di http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/
JPSI/article/view/983
Mutiara, C. & Suyanto, E., Abdurrahman.2014. Pengaruh Kinerja Belajar pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar. Vol (2) No 6. Tersedia di http://webcache.googleusercontent.com/search?
q=cache:http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/5906
Purnamasari, O.I & Putro, S.C. 2012. Pengaruh Faktor Keaktifan dan Variasi Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Dasar Pemrograman Pascal. Vol (17) No.1. Tersedia di journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/
view/3365/4336
Putro, S.C. & Desynatria, W. 2016. Interaksi antara Faktor Inisiatif dengan Faktor Penerapan Model Konstruktivistik Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Teknologi pada Siswa SMK. Vol 26 No 2. Tersedia di http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/8274/3805
Sukakara, B. 2017. Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII di MTs Al-Istiqomah Rungus Kabupaten Madiun. Malang : PTI UM
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfabet
Supriadie, D., Darmawan, D. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Totiana, F., Susanti, E., Redjeki, T. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Vol (1) No 1. Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id/
index.php/kimia/article/view/1156/1387
Wildanisnaini, Susanti, E., Haryono, H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Vol (4) No 1. Tersedia di https://anzdoc.com/fax-b9591d07fdde00808ad6d934f6de09f188122.html
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.