Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Budaya Kerja Sekolah

Siti Rodhiyah (1), Mohammad Fauzan (2)
(1) SMAN Wiradesa Kab. Pekalongan, Indonesia,
(2) Universitas Stikubank Semarang

Abstrak

Penelitian bertujuan menguji dan melakukan analisis (1) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) pengaruh budaya kerja sekolah terhadap kinerja guru, dan (4) mengetahui apakah budaya kerja sekolah memperkuat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja, serta (5) mengetahui apakah budaya kerja sekolah memperkuat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.
Penelitian merupakan jenis penelitian penjelasan. Populasi adalah seluruh guru pengajar di SMA Negeri, Kabupaten Pekalongan, yang berjumlah 11 sekolah dengan jumlah guru sebanyak 400 orang dan sampel penelitian sebanyak 96 orang guru (20-25 % dari total populasi). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak berkelompok secara proporsional. Pengumpulan data diperoleh langsung dari responden melalui angket online (googleform).
Hasil temuan penelitian menunjukkan (1) kompetensi pedagogik memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru (2) motivasi kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru (3) budaya kerja sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru (4) budaya kerja sekolah tidak memoderasi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru (5) budaya kerja sekolah memperkuat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Referensi

Read More

Penulis

Siti Rodhiyah
sitirodhiyah39@guru.sma.belajar.id (Kontak utama)
Mohammad Fauzan

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found