MOTIVASI, PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP RANTAI PASOK HALAL
Abstrak
Kebutuhan konsumen muslim terhadap produk yang halal dan sesuai syariah terus berkembang seiring waktu. Implikasi hal tersebut adalah peningkatan permintaan produk dengan sertifikat halal. Penelitian ini bertujuan mengungkap motivasi, persepsi dan preferensi dari kelompok pengusaha terhadap ranta pasok halal. Data diperoleh melalui survei dengan kuesioner untuk mengumpulkan data primer dari responden. Analisis rata-rata terhadap hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi konsumen menggunakan rantai pasok halal terutama adalah karena adanya kebutuhan akan rantai pasok yang berkualitas dan aman dalam penggunaan maupun secara syariat agama. Konsumen berpersepsi rantai pasok halal telah terjamin kehalalannya, berkualitas dan memiliki harga yang terjangkau. Tingkat preferensi mereka tergolong tinggi, konsumen selaku pengusaha menempatkan rantai pasok halal sebagai pilihan utama dan akan menggunakannya secara kontinyu.
Artikel teks lengkap
Referensi
G. P. Moschis and F. S. Ong, “Religiosity and Consumer Behavior of Older Adults: A Study of Subcultural Influences in Malaysia,†J. Consum. Behav., vol. 10, no. 1, 2011.
D. Agama, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid 3. C. Jakarta: Lembaga Percetakan al-Qur’an, 2009.
M. Borzooei and M. Asgari, “The Halal Brand Personality and Its Effect on Purchase Intention,†Interdiscip. J. Contemp. Res. Bus., 2013.
D. Agama, Pedoman Labelisasi Halal. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelengaraan Haj, 2003.
F. Susanti and A. C. Gunawan, “Pengaruh Bauran Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline di Kota Padang,†2019.
D. A. Farrag and M. Hassan, The Influence of Religiosity on Egyptian Muslim Youths’ Attitude Towards Fashion., vol. 6, no. 1. New York: Taylor and Francis, 2015.
H. Assael, Consumer Behavior and Marketing Action, 6th ed. Cincinnati OH, 2004.
R. E. Petty and J. A. Krosnick, Attitude Strength : Antecedents and Consequences, vol. Taylor and. New York, 2014.
N. J. Setiadi, Perilaku Konsumen. Jakarta.: Kharisma Putra, 2013.
E. Fitriani, Analisis Pengaruh Preferensi, Persepsi, dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian. 2019.