Instrumen Penilaian Editor (Screening Awal)

Instrumen ini digunakan oleh editor sebelum artikel dikirim ke reviewer.

Tahapan Screening Editor
1. Kesesuaian Topik
Manajemen & Perencanaan, Kualitas & Keandalan, Teknologi Manufaktur, Lingkungan & Kesehatan, Teknologi Informasi & Data, Pangan
☐ Sesuai
☐ Tidak Sesuai → Ditolak
2. Jenis Artikel
☐ Simulasi / Analisis / Terapan
☐ Ulasan / Review
☐ Layak Lanjut
☐ Ulasan → Ditolak
3. Similarity Score (Turnitin) ☐ ≤ 20% → Lanjut
☐ 21–30% → Revisi atau Evaluasi
☐ > 30% → Ditolak

Penilaian Template dan Kelengkapan (Skor 1–5)

No Aspek yang Dinilai Skor
1 Format Artikel (sesuai template jurnal) 0
2 Judul (jelas & informatif) 0
3 Abstrak (ringkas & sesuai isi) 0
4 Kata Kunci (relevan & tepat) 0
5 Referensi (mutakhir & sesuai gaya) 0
6 Gambar & Tabel (format benar) 0
7 Kualitas Bahasa (tata bahasa & ejaan) 0
8 Scope Jurnal (kesesuaian topik) 0
9 Kelengkapan Dokumen (cover letter, etika, dll) 0
Total Skor Editor 0

Keputusan Editor:

Rentang Skor Keputusan
≥ 27 Diterima dengan revisi
< 27 Ditolak

Catatan Editor:
..............................................................................................................................................



Instrumen Penilaian Reviewer (Double-Blind Peer Review)

Instrumen ini digunakan oleh reviewer. Identitas penulis disembunyikan selama proses review.

No Aspek yang Dinilai Skor (1–5)
1 Judul (jelas & sesuai isi) 0
2 Abstrak (ringkas & mencerminkan isi) 0
3 Pendahuluan / Latar Belakang 0
4 Metodologi (jelas, valid, sesuai tujuan) 0
5 Hasil & Pembahasan (analitis & logis) 0
6 Keterbaruan / Inovasi 0
7 Kesimpulan (mendukung hasil) 0
8 Referensi (min. 8 artikel, 5 tahun terakhir) 0
9 Kualitas Bahasa (formal & jelas) 0
Total Skor Reviewer 0

Keputusan Reviewer:

Rentang Skor Keputusan
40–45 Diterima tanpa revisi
35–39 Diterima dengan revisi minor
25–34 Diterima dengan revisi mayor
< 25 Ditolak

Catatan Reviewer:
..............................................................................................................................................