Strategi Pemasaran Kuliner Halal: Studi Kasus UMKM Kota Surabaya

Andre Ridho Saputro (1), Fitri Nuraini (2), Mohammad Alfiyan (3)
(1) Department of Industrial Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Department of Industrial Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Department of Industrial Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Saat ini halal menjadi sebuah kepentingan bagi konsumen dan dapat menunjang tingkat pembelian konsumen. Persepsi dan kebutuhan konsumen terkait dengan produk halal juga patut menjadi fokus bagi pelaku usaha. Pada penelitian ini memiliki sebuah tujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap strategi yang digunakan dalam memasarkan kuliner yang tepat di daerah Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode Analytic network Proces atau yang biasa disebut ANP. Software yang digunakan adalah dengan menggunakan super decision. Tahapan Pertama adalah dengan melakukan pembuatan penyusunan melalui framework ANP. Tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan pemodelan secara kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pertanyaan- pertanyaan yang berwujud pairwise comparison. Selanjutnya merupakan Tahapan sintesis dan analisis data. Berbasis dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapat strategi yang sesuai untuk meningkatkan minat konsumen terhadap beragam kuliner halal di kawasan Surabaya. Strategi-strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap kuliner halal di kawasan Surabaya seperti: melakukan hubungan kerjasama dengan Pemkot untuk membantu melakukan pendampingan pengusaha kuliner halal di Surabaya, membangun ikatan antar setiap pengusaha kuliner halal yang berada di Kota Surabaya, melakukan pembentukan divisi yang memiliki tugas khusus untuk meningkatkan pemasaran pada waktu tertentu dengan kolaborasi dengan Lembaga Keuangan untuk memberikan solusi permodalan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

H. Chuang, “). The Rise of Culinary Tourism and Its Transformation of Food Cultures. The National Cuisine of Taiwan. The Copenhagen Journal of Asian Studies,†p. 27, 2009.

R. Golnaz, M. Zainalabidin, N. MAd, and F. C. Eddie Chiew, “Non-Muslims’ Awareness of Halal Principles and Related Food Products in Malaysia.,†2010.

J. A. J. , Wilson and J. Liu, “The challenges of Islamic branding: navigating emotions and Halal,†Journal of Islamic Marketing, pp. 28–42, 2011.

S. Shahidan and O. Md. Noor, “Halal certification: an international marketing issues and challenges. ,†Proceeding at the International IFSAM VIIIth World Congress, pp. 28–30, 2006.

N. Suki, S. M., and A. Sulaiman, “Does Halal image strengthen consumer intention to patronize Halal stores? Some insights from Malaysia. Journal of Islamic Marketing,†Journal of Islamic Marketing, vol. 7, no. 1, pp. 120–42.

H. Kartajaya and M. Sula, Syariah Marketing. Bandung: Mizan, 2006.

M. Yunus, W. Rashid, and M. Arifin, “Muslim’s Purchase Intention Towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer,†Procedia Soc Behav Sci.

L. M. , Johri and K. Sahasakmontri, “Green Marketing of Cosmetics and Toiletries in Thailand,†J Consum Mark, pp. 265–281, 1998.

R. Paujiah, A. M. Kosim, and S. Gustiawati, “Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian,†Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, vol. 1, no. 2, p. 144, Jan. 2020, doi: 10.31000/almaal.v1i2.1847.

D. Waskito, “Pengaruh Sertifikasi Halal,Kesadaran Halal Bahan Makanan Terhadap Minat Pembeli Produk Makanan Halal Studi Pada Mahasiswa Muslim di Yogyakarta,†Sripsi, 2015.

S. Nurhasanah, J. M Munandar, and M. Syamsun, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Olahan Halal pada Konsumen Saniatun Nurhasanah Muhammad Syamsun,†Jurnal Manajemen dan Organisasi, vol. VIII, no. 3, pp. 251–260, Dec. 2017.

N. Masruroh and A. Sharin, “Peran Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Aceh Tenggara sebagai Agents of Social Change. ,†Journal de Jure, no. 13, pp. 179–187, 2022.

A. S. Ahmadiyah, R. Sarno, R. N. E. Anggraini, N. F. Ariyani, A. Munif, and S. C. Hidayati, “Pendampingan Pengurusan Ijin Edar dan Sertifikasi Halal Produk Usaha Mikro dan Kecil,†Sewagati, vol. 6, no. 3, Mar. 2022, doi: 10.12962/j26139960.v6i3.248.

P. Paramitha and S. A. Surnyaningsih, “Analisis Label Halal Pada Produk Makanan Cepat Saji Dalam Pengembangan Wisata halal Di Surabaya,†Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, vol. 4, no. 3, pp. 108–122, 2021, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei

N. A. Savitri and R. R. Putra, “Sosialisasi Sistem Jaminan Halal Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),†Sewagati, vol. 6, no. 2, Feb. 2022, doi: 10.12962/j26139960.v6i2.217.

Ascarya, “The Persistence of Low Profit and Loss Sharing Financing in Islamic Banking : The Case of Indonesia,†Journal of Indonesian economic and business studies , vol. 1, 2011.

Penulis

Andre Ridho Saputro
andre.ridho.saputro@um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Fitri Nuraini
Mohammad Alfiyan
Biografi Penulis

Andre Ridho Saputro, Department of Industrial Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Industrial Engineering Lecturer at Universitas Muhammadiyah Surabaya

Saputro, A. R., Nuraini, F., & Alfiyan, M. (2022). Strategi Pemasaran Kuliner Halal: Studi Kasus UMKM Kota Surabaya. MINE-TECH: Journal of Manufacturing in Industrial Engineering & Technology, 1(2), 28–37. https://doi.org/10.30651/mine-tech.v1i2.16922

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

No Related Submission Found