FKIP UMSurabaya

Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah

Apriani Safitri, Mujiati Mujiati

Sari

Supervisi akademik merupakan layanan bantuan yang diberikan kepala sekolah kepada guru-guru dalam upaya perbaikan proses pembelajaran. Kinerja guru memiliki kontribusi besar dalam proses pembelajaran  karena gurulah yang secara langsung bersentuhan atau berhadapan dengan peserta didik, sehingga perlu ada pengawasan baik secara langsung mau pun tidak langsung oleh kepala sekolah melalui kegiatan supervisi akademik. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis efektifitas pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah pada SD Negeri yang berada pada lingkup Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Palangga Selatan. Jenis penilianan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian yaitu Kepala UPTD Kecamatan Palangga Selatan, kepala sekolah dan guru pada SD Negeri yang berada pada lingkup Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Palangga Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan tiga cara yaitu observasi non partisipan yang tidak terstruktur, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan alur, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan pendekatan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: efektifitas pelaksanaan supervisi akdemik kepala sekolah pada SD Negeri lingkup UPTD Kecamatan Palangga Selatan dilihat dari: 1) perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dilaksanakan dengan cara bekerja sama dengan semua stakeholder pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas ditentukan oleh semua pihak tidak terkecuali guru, kepala sekolah, kepala UPTD dan Dinas terkait. Sehingga dalam merancang perencanaan supervisi dilakukan dengan bekerja sama. 2) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dilaksanakan dengan cara melihat guru melakukan pembelajaran di kelas melalui merencanakan pembelajaran (RPP) yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator keberhasilan, dan materi ajar, penyajian materi yang menyenangkan, penggunaan metode yang tepat, adanya media sebagai pendukung proses pembelajaran dan tugas yang mampu mengukur seluruh kemampuan siswa baik itu pada penerapan kurikulum KTSP maupun KURTILAS. 3) tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah telah dilaksanakan secara efektif, pembinaan dilakukan secara berkelanjutan dan sistematis dengan tema yang berkaitan dengan permasalahan pembelajaran yang di alami oleh guru.

Kata Kunci

Supervisi Akademik, Kepala Sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Donni, Juni Priansa dan Rismi, Somad. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta, Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional., 2003, Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Imelda dkk. 2016. Efektifitas Pelakasnaan Supervisi Mata Pelajaran oleh Pengawas Sekolah dalam Perbaikan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Kultur Demokrasi.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Pembaharuan.

Misnawati, 2016. Jurnal Ilmu Administrasi Negara: Efektifitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Kantor Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Volume 4 Nomor 1 Halaman 2592-2604.

Mulyasa, E. 2014. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslim, Sri Banun (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: BSNP.

Purwanto, Ngalim (2014). Administrasi dan Supervisi pendidikan, PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Siahaan, Amiruddin dkk. (2006). Manajemen Pengawas Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching.

Sutisna, Oteng (2007). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis dan Praktek Profesional, Bandung: Angkasa

Sahertian, Piet A. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Professional (layanan dalam Meningkatkan Pengajaran di Era Otonomi Daerahh). Bandung: Alfebata.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2012. Manajemen Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2215

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.