MOTIVASI, PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP RANTAI PASOK HALAL

Andre Ridho Saputro (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Kebutuhan konsumen muslim terhadap produk yang halal dan sesuai syariah terus berkembang seiring waktu. Implikasi hal tersebut adalah peningkatan permintaan produk dengan sertifikat halal. Penelitian ini bertujuan mengungkap motivasi, persepsi dan preferensi dari kelompok pengusaha terhadap ranta pasok halal. Data diperoleh melalui survei dengan kuesioner untuk mengumpulkan data primer dari responden. Analisis rata-rata terhadap hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi konsumen menggunakan rantai pasok halal terutama adalah karena adanya kebutuhan akan rantai pasok yang berkualitas dan aman dalam penggunaan maupun secara syariat agama. Konsumen berpersepsi rantai pasok halal telah terjamin kehalalannya, berkualitas dan memiliki harga yang terjangkau. Tingkat preferensi mereka tergolong tinggi, konsumen selaku pengusaha menempatkan rantai pasok halal sebagai pilihan utama dan akan menggunakannya secara kontinyu.

Referensi

Read More

Penulis

Andre Ridho Saputro
andre.ridho.saputro@um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Biografi Penulis

Andre Ridho Saputro, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Industrial Engineering Lecturer at Universitas Muhammadiyah Surabaya
Saputro, A. R. (2023) “MOTIVASI, PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP RANTAI PASOK HALAL”, Journal of Manufacturing in Industrial Engineering & Technology. Surabaya, Indonesia, 1(1), hlm. 52–57. doi: 10.30651/mine-tech.v1i1.16639.
##submission.license.notAvailable##

Rincian Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found