Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Brodie, K. (2010). Teaching mathematical reasoning in secondary school classrooms with contributions by. New York: Springer.
Inayah, N. (2016). Pengaruh kemampuan penalaran matematis dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi pada materi statistika siswa SMA. Journal of EST, 2(2), 74-80. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2105.
Irianti, N., Subanji, & Chandra, T. (2016). Proses berpikir siswa quitter dalam menyelesaikan masalah SPLDV berdasarkan langkah-langkah Polya. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 133-142. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.582.
Kamid. (2009). Identifikasi proses berpikir anak autis dalam menyelesaikan soal matematika. Seminar Nasional Matematika 2009, 907-920. Jember: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember.
Mathematics, N. C. O. T. O. (2000). Principles and standards for school mathematics. United States of America: National Council of Teachers of Mathematics.
Polya, G. (1973). How to solve it-a new aspect of mathematical method (second edition). New Jersey: Princeton University Press.
Rosmaiyadi. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam learning cycle 7E berdasarkan gaya belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 12-19. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.722.
Sangila, M. S., Safaria, S. A., Rahayu, L. R., & Asran. (2019). Penalaran matematis antara siswa laki-laki dan perempuan yang bergaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah matematika. Al-TA'DIB, 12(1), 83-98. https://doi.org/10.2307/2034794.
Wulandari, E. (2011). Meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan problem posing di kelas VIIIA SMP negeri 2 Yogyakarta. Yogyakarya: Universitas Negeri Yogyakarta.
Zaenab, S. (2015). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan problem posing di kelas X IPA 1 SMA negeri 9 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 90-97. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2451
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.