Pengembangan Media ICT Berbasis Game Bare-Trick pada Materi Barisan dan Deret di Kelas IX MTs Nurul Mubtadiin

Rosita Dwi Ferdiani (1), Yuniar Ika Putri Pranyata (2), Luluk Qomariyah (3)
(1) Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia,
(2) Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia,
(3) Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ICT berbasis Game Bare-trick berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan media ini yakni: (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas IX MTs Nurul Mubtadiin sebagai subyek uji coba media, serta dosen dan guru sebagai ahli validator media. Angket validasi digunakan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran untuk menguji kevalidan, angket respon untuk menguji kepraktisan dan tes hasil belajar untuk menguji keefektifan media. Hasil penelitian berdasarkan aspek kevalidan menurut ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran menunjukkan, media memiliki nilai sangat valid dengan presentase masing masing adalah 93,1% dari ahli media, 92% ahli materi, dan 97,5% menurut ahli pembelajaran. Aspek kepraktisan dilakukan pengujian berdasarkan angket respon pada uji lapangan terbatas dengan jumlah 10 peserta didik dan menunjukkan media ini termasuk kategori sangat praktis dengan presentase 91,8%. Aspek keefektifan diperoleh hasil tes belajar yang menunjukkan 24 peserta didik mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), dan diperoleh ketuntasan 78,8%. Hal ini menunjukkan bahwa media ini termasuk kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa media ICT Berbasis Game Bare-trick layak sebagai media pembelajaran karena memenuhi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

 

Full text article

Generated from XML file

References

Alfiriani, A., & Ellbert, H. (2017). Kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran bilingual berbasis komputer. Jurnal Kependidikan, 1(1), 12-23.

Darmawan, D. (2012). Pendidikan teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: Penerbit Andi.

Fajri, V. R., & Lazulva. (2018). Desain media pembelajaran menggunakan software adobe flash professional Cs6 pada materi unsur transisi periode keempat. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 28-41.

Kurdi, F. N. (2009). Penerapan student-centered learning dari teacher centered learning pada program studi penjaskes. Forum Kependidikan, 28(2), 108-113.

Kurniawati, D., & Sutirman. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh perangkat desa gandulan kecamatan kaloran kabupaten temangagung. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(4), 374-386.

Mintasih, D. (2016). Merancang pembelajaran menyenangkan bagi generasi digital. Jurnal el-Tarbawi, 9(1), 39-48.

Panggayudi, D. S., Suweleh, W., & Ihsan, P. (2017). Media game edukasi berbasis budaya untuk pembelajaran pengenalan bilangan pada anak usia dini. MUST: Journal of Mathematics Education Science and Technology, 2(2), 255-266.

Purbasari, R. J., Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2012). Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Puspendik. (2015). Hasil TIMSS 2015 diagnosis hasil untuk perbaikan mutu dan peningkatan capaian. Jakarta: Kemendikbud.

Rochmad. (2012). Desain pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Journal Kreano, 3(1), 59-72.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. Journal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1-13.

Authors

Rosita Dwi Ferdiani
rositadf@unikama.ac.id (Primary Contact)
Yuniar Ika Putri Pranyata
Luluk Qomariyah
Ferdiani, R. D., Pranyata, Y. I. P., & Qomariyah, L. (2020). Pengembangan Media ICT Berbasis Game Bare-Trick pada Materi Barisan dan Deret di Kelas IX MTs Nurul Mubtadiin. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 106–117. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.4651

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.