Pembelajaran Matematika dengan Media Televisi Edukasi pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya

Heny Faridah (1), Wahyuni Suryaningtyas (2), Febriana Kristanti (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap pembelajaran menggunakan televisi edukasi (TVE) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian ex post facto, untuk mengungkapkan fakta-fakta yang terjadi secara alamiah dan sudah berlangsung. Kelas yang digunakan dalam penelitian adalah kelas VII C. Dari hasil belajar menggunakan media TVE diperoleh ketuntasan lebih dari 75% pada setiap materi yang diberikan. Respon siswa menunjukkan bahwa media TVE mendapat respon yang baik.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan media TVE sangat baik.

Full text article

Generated from XML file

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar teori, diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Martiningsih, Roro. 2007. Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Al Muslim Sidoarjo Sebelum dan Sesudah Pembelajaran dengan TVE. Teknodik. XI(21): 162-179.

Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press

Situmorang, Robinson. 2006. Media Televisi. Jakarta: Pustekkom Depdiknas.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutirman, 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Authors

Heny Faridah
heny.faridah33@yahoo.com (Primary Contact)
Wahyuni Suryaningtyas
Febriana Kristanti
Faridah, H., Suryaningtyas, W., & Kristanti, F. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Media Televisi Edukasi pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 176–182. https://doi.org/10.30651/must.v1i2.236

Article Details

Most read articles by the same author(s)