Pengelolaan Supervisi Akademik Oleh Pengawas Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Profesionalisme Pendidik di Lingkungan TK/SD se Kecamatan Balongpanggang

Artin Artin (1)
(1) Pengawas TK/SD Gresik, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan supervisi akademik oleh pengawas; bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas; dan bagaimana tindak lanjut dari pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan menggunakan teknik analisis tabel frekuensi. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode populasi, dimana populasinya adalah 42 pengawas TK/SD se- Kecamatan Balongpanggang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap TK/SD se-Kecamatan Balongpanggang tergolong pada tingkatan cukup, pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal perencanaan supervisi akademik. Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap TK/SD se-Kecamatan Balongpanggang tergolong pada tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal pelaksanan supervisi akademik. Tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap TK/SD se-Kecamatan Balongpanggang tergolong pada tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal tindak lanjut supervisi akademik.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ali, Muhammad. (1984). Penelitian Kependudukan Prosedur dan Strategi. Bandung: Dept. P dan K, Dirjen PT, Program Pengembangan Lembaga Tenaga Kependidikan.

Ali, Muhammad. (1984). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Ametembun. (1975). Supervisi Pendidikan: Penuntun Bagi Para Pembina Pendidikan Kepala Sekolah dan Guru-guru. Bandung: IKIP.

Anwar, Samsul. (2002). Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di SLTP Negeri se Kecamatan Hulu Sungai. Tesis. Program Pasca Sarjana UNY.

Depdikbud. (1984). Petunjuk Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Pedoman Pembinaan dan Penataran. Jakarta: Balai Penelitian Pengembangan.

Depdikbud. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Furchan, Arief. (1982). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan (Terjemahan). Surabaya: Usaha Nasional.

Hariwung A.J. (1989). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lalu, Muhammad Toha. (1996). Supervisi Klinis dalam Penerapan Keterampilan Proses CBSA. Surabaya: Usaha Nasional.

Nugroho, Ali. (1996). Pengantar Menyusun Skripsi. Solo: CV. Aneka Solo.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.

Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 1990 tentang Pelaku Supervisi Pendidikan.

Pidarta, Made. (1986). Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Surabaya: Suara Press.

Purwanto, Ngalim. (1991). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sahertian, Piet A dan Mataheru, Frans. (1982). Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sahertian, Piet A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Sukirman, Hartati, dkk. (2001). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.

Suryosubroto, B, dkk. (2000). Manajemen Tenaga Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.

Suryosubroto, B. (2002). Pengelolaan Pendidikan Dasar dan Menengah. Yogyakarta: FIP UNY.

Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutisna, Oteng. (1979). Supervisi dan Administrasi Pendidikan. Yemmars.

Winarni, Endang. (2000). Peranan Kepala Sekolah sebagai Supervisor terhadap Kematangan Profesional guru SD Negeri se Ranting Dinas P dan K Kecamatan Bantul. Skripsi. FIP UNY.

Yamin, Martinis & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.

__________. (1999). Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

__________. (2003). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

__________. (2004). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Penulis

Artin Artin
artinitra@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

No Related Submission Found