PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA ORGANIK BERBASIS KARAKTER MELALUI PRAKTIK LESSON STUDY PADA PROGRAM STUDI PENDIDIAN BIOLOGI FKIP UMSURABAYA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran pada Mata Kuliah Kimia Organik Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya Semester Genap tahun 2013/2014. Implementasi LS dilakukan
dalam 4 siklus dengan tahapan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan pengamatan serta refleksi (see). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil belajar ada pada kriteria baik yaitu memiliki kompetensi aspek kognitif dengan
porsi tingkat tinggi lebih banyak (e†60%) dengan ketuntasan belajar lebih dari 75%; (2) Aktivitas mahasiswa telah mengalami pengembangan baik aktivitas dalam mengembangkan karakter
berani dan kompetensi kerjasama mahasiswa. Kesimpulan dari hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran mata kuliah kimia organik melalui lesson study sudah sangat baik berdasarkan aspek kompetensi kognitif dan aktivitas pembelajaran.
Artikel teks lengkap
Referensi
Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R. (Eds. ). 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman, Inc.
Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Depdiknas, 2005. Rencana Strategi Departemen Pendidikan Nasional 2005-2025. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Ketenagaan. 2008. Program Perluasan Lesson Study Untuk Penguatan LPTK: Panduan Pelaksanaan Lesson
Study di LPTK. Buku 2. Jakarta: Dit. Ketenagaan Dikti Depdiknas.
Dharma, S. 2009. Apapun Kurikulumnya, Mutu Guru Kuncinya. (online). (http://satriadharma. com/index. php/2009/05/apapun-kurikulumnya-mutu-gurukuncinya. Diakses 24 Desember 2010).
Galbreath, Jeremy. 1999. Preparing the 21st Century Worker: The Link Between Computer-Based Technology and Future Skill Sets. Educational Technology. November – Desember: 14-22.
Hamzah B, Uno. Koni, Satria. 2012. Assesement Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendayana, S. 2010. Perkembangan Lesson Study di Indonesia: Prosepek dan Tantangannya. Dalam Hidayat, dkk. (Eds). Teori, Paradigma, Prinsip, dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam
Konteks Indonesia. Bandung: FPMIPA UPI.
Ibrahim, M. 2008. Pemodelan Budi Pekerti dan Asah hati Melalui Pemaknaan Fenomen Sains: Upaya Menghadapi Tantangan Pembelajaran Sains. Makalah Seminar Nasional Prospek Pendidikan
Sains, Hasil-hasil Pendidikan Sains, dan Pelatihan Guru Sains dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Program Studi Pendidikan Sains FMIPA Unesa.
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. California: Crowin Press, Inc.
Liliasari. 2010. Pengembangan Keterampilan Berpikir melalui Pembelajaran Sains Menuju Masa Depan. Dalam Hidayat, dkk. (Eds). Teori, Paradigma, Prinsip, dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam
Konteks Indonesia. Bandung: FPMIPA UPI.
Susilo, H. 2009. Lesson Study sebagai Pilihan Sarana Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Penyiapan Calon Guru MIPA di LPTK. Makalah disajikan dalam Workshop Lesson Study bagi Dosen
FMIPA UM tanggal 19-20 Februari 2009. FMIPA UM Malang.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.