THE EFFECTIVENESS OF DUOLINGO IMPLEMENTATION TO IMPROVE STUDENTS' VOCABULARY MASTERY
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Duolingo dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 8 di MTs Bustanul Aulad. Pendekatan pre-eksperimental digunakan dalam penelitian ini dengan satu kelompok pra-tes dan pascates pada sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi Duolingo. Kuesioner juga digunakan untuk mengetahui perspektif siswa mengenai pengalaman mereka dalam menggunakan aplikasi Duolingo. 10 siswa dari kelas 8 di MTs Bustanul Aulad merupakan sampel pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata, dengan rata-rata skor pascates dari 55 menjadi 85,5, serta hasil uji-T sebesar 0,0006 yang kurang dri 0,03. Pada kiesioner persepsi siswa juga menunjukan hasil yang positif terhadap penggunaan Duolingo yang dianggap menyenangkan, menarik, dan bermanfaat untuk pengembangan kosakata siswa. Dengan begitu, hasil penelitian ini menunjukan bahwa Duolingo merupakan aplikasi berbasis permainan bahasa yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.
Artikel teks lengkap
Referensi
Chasanah, A. Z., & Halim, A. (2024). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan The effectiveness of using duolingo as an interactive learning media. 14(6), 638–646.
Fauziah, N. (2021). Pemanfaatan Akses Aplikasi Belajar pada Proses Pembelajaran di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.214
Hazmar, A. A., Hazmar, R., & Marlian, M. (2022). Pemanfaatan Media Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(2), 95–106. https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i2.499
Ridhwan, M., Yeni, M., & Husna, A. I. (2022). Asatiza : Jurnal Pendidikan. 3(3), 172–179.
Safitri, N. W., Aruan, R., & Prawati, A. (2024). The Effect of wordwall.net on Students’ Vocabulary Mastery in Reading Narrative Text at SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(2), 197–205. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i2.1800
Amin, S. N. (2021). Gamification Of Duolingo In Rising Student’s English Language Learning Motivation. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 11(2). https://doi.org/10.21274/ls.2019.11.2.219-236
Aulia, H. R., Wahjuningsih, E., & Andayani, R. (2020). Effect Of Duolingo Application On Students’ English Vocabulary Mastery. ELTR Journal, 4(2), 131–139. https://doi.org/10.37147/eltr.v4i2.71
Begum, J. K., & Ahmed, A. (2020). The Importance of Statistical Tools in Research Work. In International Journal of Scientific and Innovative Mathematical Research (IJSIMR) (Vol. 3). Online. www.arcjournals.org
Chen, X., & John’, S. (2020). Evaluating Language-learning Mobile Apps for Second-language Learners. In Journal of Educational Technology Development and Exchange (Vol. 9, Issue 2).
Erfiani, E., & Miski, C. R. (2022). The Use of Duolingo in Enhancing Students’ Vocabulary Mastery at SMA Negeri 3 Bangko Pusako During Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching, 8(1), 55. https://doi.org/10.24014/ijielt.v8i1.17972
Hernadijaya, N. savira. (2020). The Use Of Duolingo Application To Enhance Junior High School Student’s English Vocabulary.
Kumar, D. M. D. (2023). A Study on Importance of Microsoft Excel Data Analysis Statistical Tools in Research Works. Journal of Management & Educational Research Innovation (JOMERI), 1(3), 76. https://doi.org/10.5281/zenodo.10449150
Kusumadewi, H., & Widyastuti, M. (2021). The Effects Of Using Duolingo Towards Student’s Vocabulary Mastery.
Ningtyas, D. A. P., & Reftyawati, D. (2024). Teaching Vocabulary Using the Duolingo Application in Junior High School. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(3), 310–324. https://doi.org/10.61132/fonologi.v2i3.960
Nurhayati, E., & Suryaman, M. (2023). The Implementation of the Duolingo App in Increasing Students’ Vocabulary Mastery. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 11(3), 258–263. https://doi.org/10.23887/jpbi.v11i3.47287
Prawiyogi, A. G., Sa’diah, T. L., Safarandes, A., & Nurjanah, Q. (2022). Pengaruh Metode Suku Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan. Jurnal Basicedu, 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.1437
Ramos, A. G. L. (2021). Enhancing English Vocabulary Through Digital Learning Applications. EPRA International Journal of Research and Development (IJRD), 6(6). https://doi.org/10.36713/epra2016
Summy State University. (2020). Strategic Innovations Of Social Communications And Foreign Philology In Crisis Times. Postmodern Openings, 11(2), 120–127. https://doi.org/10.18662/po/11.2/165
Taherdoost, H. (2021). Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose Data Collection Technique for Academic and Business Research Projects. In International Journal of Academic Research in Management (IJARM) (Vol. 2021, Issue 1). https://hal.science/hal-03741847v1
Urrohmah, L., & Budianto, L. (2023). Junior High School Students’ Perception toward The Use of Duolingo as A MALL (Mobile Assisted Language Learning) for Learning English Grammar. In Journal of English Teaching and Learning (Vol. 2, Issue 2). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jetl
Pendidikan Matematika, Volume 8 Nomor 1. Halaman 420-424.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
