UPAYA MENGATASI KESULITAN MAHASISWA DALAM BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR DI FMIPA UNESA MELALUI PENGGUNAAN PROGRAM MATHEMATICA DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan paket program mathematica dan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menuntaskan hasil belajar mahasiswa dalam belajar kalkulus (matematika dasar) di FMIPA Unesa Surabaya, mengetahui kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan paket program
mathematica dan pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas, dan mengetahui aktivitas mahasiswa selama perkuliahan dengan penerapan paket program mathematica dan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini dilaksanakan di FMIPA Unesa: di 2 kelas di Jurusan Kimia. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari empat siklus untuk jurusan kimia. Siklus I dan II terhadap mahasiswa pendidikan kimia 2006, dan siklus III dan IV terhadap mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2007. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai, seperti apa yang telah dirancang dalam faktor yang diselidiki mahasiswa. Sedangkan analisis awal dilakukan untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam rangka meminimalkan kesulitan mahasiswa tersebut. Dari hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan paket program
mathematica dan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika dasar (kalkulus) di jurusan kimia diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal pada mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2006 pada materi integral tak wajar dengan batas integral tak
hingga 83,8%, integral tak wajar dengan integrand tak hingga 80,2%. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2007 pada materi grafik fungsi dan macam-macam fungsi 72,2% dan pada materi limit dan kekontinuan 84%. Dosen
mengajar sesuai dengan langkah-langkah dalam skenario yang dibuat. Mahasiswa aktif terlibat dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dan menerapkan paket program matematika dalam pembelajaran matematika dasar (kalkulus) di
kelas dan di laboratorium komputer. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan paket program mathematica dan pembelajaran
kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika dasar (kalkulus) dapat digunakan sebagai alternatif perkuliahan untuk mengatasi kesulitan mahasiswa dalam belajar kalkulus.
Referensi
Arends Richart I, 1997, “Classroom Instruction
and Managementâ€, Mc Graw-Hill.
Bagian Proyek Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia (2003). “Panduan Penggunaan Mathematicaâ€. Bogor: Dirjen Dikti kerjasama dengan Jurusan Matematika FMIPA IPB.
Bagian Proyek Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia (2003). “Matematika dengan Mathematicaâ€. Bogor: Dirjen Dikti kerjasama dengan Jurusan Matematika FMIPA IPB.
Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (2003). “Pedoman Usulan Penelitian Tindakan Kelasâ€. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdiknas
Erman Suherman (2003), “Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer†Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika
Universitas Pendidikan Indonesia.
Ismail , 2004, “Model-model Pembelajaran Matematikaâ€, Depdiknas.
I Gusti Putu Suharsa, 2000, “Pengembangan Strategi Problem Possing dalam Pembelajaran Kalkulus untuk Memperbaiki
Kesalahan Konsepsi, Jurnal Matematika atau Pembelajarannya
Tahun VI, Nomor 2â€, Agustus: Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.
Mohamad Nur, dkk, 2000, “Pengajaran Berpusat Kepada siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaranâ€, Universitas Negeri Surabaya, University Press.
Muslimin Ibrahim, dkk, 2000, “Pembelajaran Kooperatifâ€, Universitas Negeri Surabaya, University Press.
Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). “Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)â€. Jakarta: Depdikbud
Dirjen Dikti Proyek PGSM.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.