Manajemen Kurikulum dan Implementasi Education For Sustainable Development Pada Perguruan Tinggi
Abstrak
Pendidikan dan pembelajaran berkualitas yang bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan tidak dapat diraih hanya dengan solusi teknologi, regulasi politik atau pengembangan finansial. Lebih dari itu, akademisi memerlukan kurikulum kusus yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya pendidikan yang mengarah pada pembangunan berkelanjutan. Education for Sustainable Development (ESD) adalah upaya mendorong masyarakat untuk secara konstruktif dan kreatif dalam menghadapi tantangan global serta menciptakan masyarakat yang tangguh dan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperangkat kriteria kurikulum pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dalam kurikulum pendidikan tinggi. Penelitian ini mengungkapkan urgensi terhadap pola jalannya sistem pendidikan yang kurang memperhatikan pendidikan berkelanjutan secara intens. Penelitian ini mencari literatur untuk bukti langsung dan tidak langsung tentang pentingnya managemen kurikulum yang berbasis education for sustainable development beserta implementasinya. Penilaian kepastian ini menggunakan pendekatan garding of recommendations, assessment, development and evaluation yang nantinya akan menghasilkan rekomendasi berdasarkan hasil implikasi yang sudah ada, antara manfaat dan kerugiannya.
Artikel teks lengkap
Referensi
Akbar, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Filosofi, Metodologi dan Implementasi. . Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Aleixo, A. M., & Azaiteiro, U. M. (2020). Are the sustainable development goals being implemented in the Portuguese higher education formative offer? International Journal of Sustainability in Higher Education, 336-352.
Arikunto, S. (2009). Dasar dasar evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Cetakan 10 . Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Sejahtera.
Barth, M., & Rieckmann, M. (2012). Academic staff development as a catalyst for curriculum change towards education for sustainable development: an output perspective. Journal of Cleaner Production, 28-36.
Bonnett, M. (2013). Sustainable Development, Environmental Education, and the Significance of Being in Place. Curriculum Journal, 24.
Caeiro, S., Hamon, L., Martins, R., & Aldaz, C. (2020). Sustainability Assessment and Benchmarking in Higher Education Institutions—A Critical Reflection. Sustainability.
Carr, W., & Kemmis, S. (2003). Becoming Critical Education Knowledge and Action Research. London: Routlendge.
Cheryl, D., & Karlson, H. (2014). Higher Education and Sustainable Development. London: Routladge.
Dhamija, P., & Bag, S. (2020). Role of artificial intelligence in operations environment: a review and bibliometric analysis. The TQM Journal, 4.
Edgar, A. (2006). Habermas. The Key Concepts. New York: Routledge.
Hebermas, J. (1979). Communication and The Evolution of Society. Boston: Boston Press.
Huckle, J. (1993). Environmental Education and Sustainability: A View from Critical Theory, In Environmental Education: A Pathway to Sustainability, edited by John Fien. Deakin: Deakin University.
Imre, L. (2001). The Methodology of Scientific Research Programmes. Philosophical Papers, 1.
Kahn, R. (2010). Critical pedagogy, ecoliteracy, & planetary crisis: The ecopedagogy movement. New York: Peter Lang.
Kawamata, Y., & Baran, P. (2020). Electrosynthesis: Sustainability Is Not Enough. Joule, 701-704.
Mann, L., Chang, R., Chandrasekaran, S., Coddington, A., Daniel, S., Cook, E., . . . Smith, T. (2020). From problem-based learning to practice-based education: a framework for shaping future engineers. European Journal of Engineering Education.
molenda, J. a. (2007). educational Technology : A definition With Comentary. New York : State University of new York at Postdam.
Murakami, C. (2015, Januari 30). The UN Decade of Education for Sustainable Development: Achievements and Prospects from the Perspective of Citizens' Initiatives in Japan. Diambil kembali dari Japan for Sustainability: https://www.japanfs.org/en/news/archives/news_id035160.html
Nussbaum, M. (2010). Not forProfit. Why Democracy Needs the Humanities. Princeton: Princeton University Press.
Pribowo, F. S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Lingkungan Sekitar Berorintasi Pada Pendekatan scientific. Desertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM.
Segura, A., Gonzalez, Z., Infante, M., & Grecia. (2020). Sustainable management of digital transformation in higher education: Global research trends. Sustainability (Switzerland).
Segura, E., Zamar , M., La Rosa, A. L.-d., & Cevallos, M. (2020). Sustainability of educational technologies: An approach to augmented reality research. Sustainability, 4091.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif & R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujarwo, D. (2008). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan . Yogyakarta: PLS FIP UNY.
Tasdemir, C., & Gazo, R. (2020). Integrating sustainability into higher education curriculum through a transdisciplinary perspective. Journal of Cleaner Production.
UNESCO. (2020, desember 23). Education for Sustainable Development. Diambil kembali dari UNESCO: https://en.unesco.org/themes/education-sustainable-development
Wals, B. J., & Arjen, E. (2008). Globalization and environmental education: looking beyond sustainable development. Journal of Curriculum Studies, 1-21.
Walter, L. F., Manolas, E., & Pace Paul. (2015). The Future We Want. International Journal of Sustainability in Higher Education, 112-129.
Wilson, D. (2016). Teaching Student To Drive Their Brain. Alexandria, Virginia, USA: ASCD.
Young, R. L., & William. (2013). Assessing sustainability in university curricula: exploring the influence of student numbers and course credits. Journal of Cleaner Production, 134-141.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.