A Progressivism in Character Education and Social Issues in the Biography Novel of Buya Hamka: A Sociopragmatic Perspective" Progresivisme Pendidikan Karakter Kesalihan Sosial pada Novel Biografi Buya Hamka Prespektif Sosiopragmatik

Prima Gusti Yanti (1), Edi Sukardi (2), HENDRA APRIYADI (3)
(1) , Indonesia,
(2) , Indonesia,
(3) STIKES MUHAMMADIYAH TEGAL, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan progresivisme pendidikan karakter kesalehan sosial yang terkandung dalam novel biografi Buya Hamka, dengan pendekatan studi sosiopragmatik Pendekatan studi sosiopragmatik profetik digunakan untuk meneliti konteks sosial dan pragmatik dari pandangan pendidikan karakter kesalihan sosial  oleh Buya Hamka dalam novel.Penelitian ini juga mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan karakter Al Islam dan Kemuhammadiyahan .Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi untuk mengeksplorasi berbagai aspek progresivisme pendidikan karakter kesalehan sosial dalam  novel tersebut.Data dianalisis dengan memperhatikan konteks sejarah, sosial, dan keagamaan yang membentuk pandangan Buya Hamka tentang pendidikan karakter kesalihan sosial dan menggunakan prespektif sosioprakmatik.


Katakunci :    progresivisme, pendidikan karakter, kesalihan sosial

Referensi

Read More

Penulis

HENDRA APRIYADI
hendra_apriyadi@stikesmutegal.ac.id (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found