PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA FASE D

Chory Asih (1), Chandra Adi Prabowo (2), Evelyn Ekowati (3)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:25:"Universitas Sebelas Maret";}, Indonesia,
(2) Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
(3) SMP Negeri 2 Jaten, Indonesia

Abstrak

Pendidikan abad 21 menekankan pada kegiatan yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajarnya. Hasil observasi yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa rata-rata indikator keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA tergolong rendah, yaitu sebesar 46,65%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 2 Jaten yang berjumlah 32 orang. Data diperoleh dari hasil observasi, pengisian kuesioner dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian, yaitu peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan presentase 80% atau tergolong aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik meningkat dari 65,279% (baik) pada siklus I menjadi 85,378% (sangat baik) pada siklus II. Penerapan Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA Fase D dengan tercapainya persentase lebih dari 80% pada siklus II

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Betty, H., Oppusunggu, M. P., & Hasibuan, M. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Leaning ( PJBL ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MPLB 4 SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jurnal Bastaka Universitas Balikpapan, 139–146.

Fadhilah, F., Dewi, R. S., Anasy, Z., Eviyuliwati, I., & Syauki. (2021). Fostering Students’ Grammatical Competence Through Flipped Classroom. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 8(1), 57–72. https://doi.org/10.15408/ijee.v8i1.20744

Hasmiati, Jamilah, & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21–35. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3444

Hoirina, H., Afifah, N., & Dahlia, D. (2015). Analisis Aktivitas Belajar Biologi Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas VII SMP Negeri 3 Rambah Samo Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi, 1(1), 1–4. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/399712

Indriati, W. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Statistika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 157–163. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.321

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Rengganis, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 3278–3296.

Kemmis, S. McTaggart, R. & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner, 3rd edn. In Springer.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Pakungwati, I. F., Ellianawati, & Fianti. (2018). Dampak Penguatan Apersepsi dan Pemberian Tugas terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Unnes Physics Education Journal, 7(3), 11–17.

Saepuloh, S., Suhayat, D., & Permana, E. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 256. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4559

Sakinah, A. P., Destiana, A., Prim, D., Sari, I. P., & Salsabilah, N. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. Nautica : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 226–231.

Sardiman.(2009).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : PT Raja Grafindo.

Sobon, K., & Lumowa, J. S. (2018). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri Kawangkoan Kecamatan Kalawat. JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 196–207.

Sulton Nawawi, Aseptianova, & Gevina Intan Anggreiny. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 10 Palembang. Mangifera Edu, 4(2), 157–166. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.55

Syaharani, E. R., Cahyaningrum, S. N., & Putri, N. N. E. (2024). Literature Review: Efektivitas Metode Pembelajaran Tanya Jawab dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.296

Penulis

Chory Asih
choryasih2000@gmail.com (Kontak utama)
Chandra Adi Prabowo
Evelyn Ekowati

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found