ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA MINI BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan media mini book untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis peserta didik di sekolah dasar SD Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mini book merupakan media yang digunakan oleh guru kelas IV SD Muhammadiyah 2 Surabaya dalam proses belajar mengajar di kelas. Hal ini disebabkan oleh keluwesan media dalam setiap pelajaran, serta kemudahannya dalam membuat dan menggunakannya dalam pembelajaran dan disenangi oleh peserta didik.
Artikel teks lengkap
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.