Urgensi Supervisi Akademik sebagai Fundamen Profesionalisme Guru

Rina Ayuni (1), Prim Masrokan Mutohar (2), Binti Maunah (3)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:38:"UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung";}, Indonesia,
(2) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia,
(3) , Indonesia

Abstrak

Guru memiliki peranan yang sangat vital dalam dunia pendidikan sehingga diperlukan profesionalisme guru guna mencapai tujuan pendidikan. Permasalahan yang saat ini sering terjadi adalah banyak guru yang tidak update terhadap keterbaruan yang ada dalam pendidikan. Hal ini menandakan bahwa keprofesionalan guru sudah mulai menurun. Salah satu tujuan dilakukannya supervisi adalah meningkatkan kemampuan keprofesionalan guru sehingga mutu situasi belajar mengajar dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui urgensi supervisi akademik, untuk mengetahui bentuk profesionalisme guru dan untuk mengetahui urgensi supervisi akademik sebagai fundamen profesionalisme guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Desember 2023. Berdasarkan hasil analisis, Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dan direalisasikan oleh supervisor dalam melaksanakan supervisi akademik, Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, dan  Terdapat beberapa teknik pembinaan guru yang dapat dilakukan oleh seorang supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah.


Katakunci :   supervisi, profesionalisme, guru

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Penulis

Rina Ayuni
ayunirina2205@gmail.com (Kontak utama)
Prim Masrokan Mutohar
Binti Maunah

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found