DISCO GAME BERBANTUAN CONGKLAK TERHADAP PENINGKATAN KERJA SAMA DAN PEMAHAMAN PEMBAGIAN SISWA KELAS II SD DI DESA KEMANTRAN
Abstrak
Tujuan penelitaian ini adalah 1) menganalisis keefektifan model pembelajaran disco game berbantuan congklak terhadap peningkatan pemahaman konsep pembagian siswa; dan 2) menganalisis penerapan model pembelajaran disco game berbantuan congklak terhadap peningkatan pemahaman konsep pembagian ditinjau dari kerja sama siswa. Teknik pengambilan sample dengan cluster random sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas II tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 25 siswa di kelas eksperimen dan 28 siswa di kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan disco game berbantuan media congklak dan kelas kontrol menerapkan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi, dan tes. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengamatan, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan hasil untuk one sample t test, independent sample t – test, dan paired t test mendapatkan nilai p value masing-masing 0.000, 0,001, dan 0,000. Dengan demikian disco game berbantuan media congklak lebih efektif dalam meningkatkan kerja sama dan pemahaman pembagian daripada strategi pembelajaran ekspositori.
Kata kunci : disco game, media congklak, pembagian.
Â
ABSTRACT
The purposes of this study were 1) to analyze the effectiveness of the congklak-assisted disco game learning model towards increasing students' understanding of the concept of division; and 2) analyzing the application of the congklak-assisted disco game learning model to increase understanding of the concept of division in terms of student cooperation. Sampling technique used cluster random sampling. This type of research is a quasi-experimental (quasi-experimental). This research was conducted on class II students for the 2022/2023 academic year with a total of 25 students in the experimental class and 28 students in the control class. The experimental class applies the disco game with the help of congklak media and the control class applies the expository method. The instruments used in the study were observation sheets and tests. Data collection was carried out by means of observation, tests and documentation. Data analysis used quantitative descriptive. The results showed that the results for the one sample t-test, independent sample t–test, and paired t-test obtained p values of 0.000, 0.001 and 0.000 respectively. Thus the disco game assisted by congklak media is more effective in increasing cooperation and understanding of division than the expository method.
Keywords: disco game, congklak media, divisionArtikel teks lengkap
Referensi
Arofah, I. (2021). Increasing the motivation of learning indonesian language students in class v of elementary school through the application of the discovery learning model. 7(3), 326–334.
Bourdua, L. (2021). C. Jean Campbell, The Game of Courting and the Art of the Commune of San Gimignano, 1290–1320. Princeton, Princeton University Press, 1997, 352 pp., 51 half tones, 6 line illus., ISBN 0-691-01210-5. RACAR : Revue d’art Canadienne. https://doi.org/10.7202/1071706ar
Hartati, S. H., Koto, I. K., & Hambali, D. H. (2020). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecakapan Kerjasama pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 32 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 98–112. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12330
Hawa, S. (2008). Perkembangan Pembelajaran Matematika. Departemen Pendidikan Nasional.
Indira Restu Asmarani , Asrowi, M. M. (2016). Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kerjasama dalam Belajar Siswa SD. 4(June).
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189–2198.
Muhssetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka.
Pranjono, Andoko Ratri.2015. Efektivitas Model Pembelajaran Projek Based Laerning Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Program Keahlian Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 2 Klaten. Jurnal Perdidikan Mekatronika, Vol5, No4
Restu Asmarani, I., & Muslim, M. (2016). CONSILIUM Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kerjasama dalam Belajar Siswa SD (Vol. 4, Issue 1). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yusuf, T. M. (2016). Tipe Number Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan KerjaSama Siswa SD. Jurnal PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1(1), 208–215
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.