Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Education, 3(1), 01–09.
Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 36–48.
Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, I(1), 1–9.
Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v6.1.20094
Budiwati, N., & Permana, L. (2010). Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Clarke, D., & Roche, A. (2017). Using contextualized tasks to engage students in meaningful and worthwhile mathematics learning. Journal of Mathematical Behavior, (November 2016), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2017.11.006
Degeng, I. N. S. (2013). Ilmu pembelajaran klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Fathoni, M. I., & Marpanaji, E. (2018). Pengembangan E-Book Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Smk Kelas X. 5(1), 70–81.
Ghofur, M. A., & Wahjoedi, W. (2018). Preferensi Sumber Belajar Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(1), 105–114. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n1.p105-114
Hwang, G., Chiu, L., & Chen, C. (2015). Computers & Education A contextual game-based learning approach to improving students ’ inquiry-based learning performance in social studies courses. Computers & Education, 81, 13–25. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.09.006
Jaafar, W. A., & Nur, S. (2009). Applying virtual rehearsal principle in developing a persuasive multimedia learning environment (PMLE). Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 5857 LNCS, 427–435. https://doi.org/10.1007/978-3-642-05036-7_40
Jumaat, N. F., & Tasir, Z. (2014). Instructional Scaffolding in Online Learning Environment : A Meta-analysis Instructional Scaffolding in Online Learning Environment : A Meta-Analysis. International Conference on Teaching and Learning in Computing and Enginering, (April). https://doi.org/10.1109/LaTiCE.2014.22
Kim, J. H., & Park, H. (2019). Effects of Smartphone-Based Mobile Learning in Nursing Education : A Systematic Review and Meta-analysis. Asian Nursing Research, 13(1), 20–29. https://doi.org/10.1016/j.anr.2019.01.005
Laurillard, D. (2012). Teaching as a Design Science: Building Pedagogical Patterns for Learning and Technology. Routledge.
Maksum, A. (2008). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: FIK Unesa Press.
Martini, N. K., Tripalupi, L. E., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition ( Air ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 295–304.
Miyarso, Y. (2013). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Musahrain, Suryani, N., & Suharno. (2017). Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 125–131. Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret.
Nurhadi, Yasin, B., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurhairunnisah, & Sujarwo. (2018). Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sma Kelas X. 5(2), 192–203. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320
Purbasari, M., & Jakti, R. . D. R. I. K. (2014). Warna Dingin Si Pemberi Nyaman. Jurnal Humaniora, 5(1), 1–549.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sadia, I. W. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Kontruktivistik. Singaraja: Graha Ilmu.
Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2009). Media Pedidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Peneitian dan Pengembangan (Research anda Development/R&D) (S. Y. Suryandari, ed.). Bandung: CV Alfabeta.
Thiangarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnespolis,. Minnesota: Leadership Training Institute/Social Education, University of Minnesota.
Trianto. (2012). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Willemse, J. J., Jooste, K., & Bozalek, V. (2018). Experiences of undergraduate nursing students on an authentic mobile learning enactment at a higher education institution in South Africa. Nurse Education Today, 74, 69–75. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.11.021
Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.