Pengelolaan Supervisi Akademik Oleh Pengawas Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Profesionalisme Pendidik di Lingkungan TK/SD se Kecamatan Balongpanggang

Artin Artin (1)
(1) Pengawas TK/SD Gresik, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan supervisi akademik oleh pengawas; bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas; dan bagaimana tindak lanjut dari pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan menggunakan teknik analisis tabel frekuensi. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode populasi, dimana populasinya adalah 42 pengawas TK/SD se- Kecamatan Balongpanggang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap TK/SD se-Kecamatan Balongpanggang tergolong pada tingkatan cukup, pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal perencanaan supervisi akademik. Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap TK/SD se-Kecamatan Balongpanggang tergolong pada tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal pelaksanan supervisi akademik. Tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap TK/SD se-Kecamatan Balongpanggang tergolong pada tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal tindak lanjut supervisi akademik.

Referensi

Read More

Penulis

Artin Artin
artinitra@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found